Home / Berita / Berapa Bayaran Pacquiao sebagai Bintang Iklan Jamu Sido Muncul?

Berapa Bayaran Pacquiao sebagai Bintang Iklan Jamu Sido Muncul?

Petinju Filipina Manny Pacquiao
Petinju Filipina Manny Pacquiao

Petinju asal Filipina, Manny Pacquiao hari ini (8/7) tiba di Kota Semarang, Jawa Tengah untuk menjalani syuting sebagai bintang iklan jamu PT Sido Muncul. Dia tiba di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang pukul 07.00 WIB ditemani  istri dan anggota rombongannya. Selama di Semarang,  Pacquiao menyempatkan diri jalan-jalan melihat situasi kota sebelum mulai mengikuti  proses syuting iklan.

Syuting Jamu itu akan dilakukan di GOR Jatidiri. Pacman berujar, dia bersedia menjadi bintang iklan jamu, karena produk obat herbal Indonesia ini unik.

Direktur Utama PT Sido Muncul Irwan Hidayat, mengungkapkan, Manny Pacquiao sengaja diundang ke Semarang untuk menjadi bintang iklan produknya. Dia berharap produk jamu itu bisa dikenal lebih luas ke dunia internasional melalui Pacman.

Pacman juga berkesempatan melihat proses produksi jamu,  baik dari pengolahan bahan, penelitian di laboratorium, hingga proses produksi pengemasan. “Kami menggunakan Pacman sebagai bintang iklan agar masyarakat dunia dapat mengenal produk kami,” kata Irwan.

Pacman selain sebagai petinju, juga dikenal sebagai artis, penyanyi, pemain basket. Ia juga menjadi salah seorang berpengaruh di Filipina. Popularitasnya di dunia sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, terutama di kalangan penggemar tinju. Di Indonesia, popularitas Pacman setara dengan artis Hollywood atau pemain bola sekaliber Messi dan CR7. Hal itu yang membuat PT  Sido Muncul tertarik mengontraknya.

Irwan Hidayat tidak mau menyebutkan berapa nilai kontrak yang harus mereka bayar untuk Pacman. “Yang pasti cukup besar karena popularitas Pacman sudah sangat mendunia,” katanya.

Sebagai cacatan saja, Forbes pernah melansir Pacman sebagai olahragawan terkaya di Asia atau peringkat keempat terkaya di dunia.  NIlai kekayaanya mencapai US 52,5 juta atau hampir Rp 800 miliar. Pendapatannya tidak hanya dari ring tinju, tapi juga dari iklan sejumlah produk.

Perusahaan kelas dunia yang mengontraknya sebagai bintang iklan, antara lain Nike, Nestle,  makanan, berbagai jenis minuman dan sebagainya.  Pendapatan dari kontrak iklannya per tahun mencapai US 2,5 juta atau setara Rp 27 miliar.  Nike pernah membayarnya US 1 juta atau Rp 13 miliar untuk durasi kontrak satu tahun.

Kalaupun PT Sido Muncul mengontrak Pacman sebagai bintang iklan produk jamu mereka, tentu bayarannya tidak jauh dari angka tersebut. Apalagi  nama Pacman semakin berkibar setelah pertandingan terakhirnya melawan Mayweather, Mei lalu.  Nilai kontrak ini jauh di atas bintang terkenal Indonesia yang maksimal Rp 2 miliar per tahun ***

 

Baca Juga

Praperadilan AW-101 Berisiko Pengaruhi Penyidikan POM TNI

Jakarta – Tersangka proyek pengadaan helikopter Agusta Westland 101 (AW-101), Direktur PT Diratama Jaya Mandiri ...