Home / Tekno / Internet / Berapa Pajak yang Dibayar FB di Inggris?

Berapa Pajak yang Dibayar FB di Inggris?

Facebook hanya membayar £4.327 atau sekitar Rp89 juta untuk pajak perusahaan pada tahun 2014.

Pajak Facebook

Hal tersebut terungkap dalam hasil terbaru mereka untuk Inggris. Itu artinya pajak perusahaan yang dibayar Facebook di Inggris lebih sedikit dari pajak rata-rata yang dibayar oleh seorang karyawan Inggris berdasarkan gajinya.

Rata-rata gaji di Inggris adalah £26.500 per tahun, yang berarti membayar £5.329,80 untuk pajak pendapatan dan sumbangan asuransi nasional. Berdasarkan isian untuk Companies terlihat bahwa Facebook tahun lalu menderita kerugian sebelum pajak sebesar £28,5 juta.

Namun pada saat bersamaan perusahaan itu juga membayar bonus saham kepada 362 karyawannya di Inggris dengan nilai £35.4 juta. Bonus saham itu rata-rata sebesar £96.000 untuk satu karyawan Facebook di Inggris.

Adapun secara global, pada bulan Januari 2015 Facebook melaporkan keuntungan pada kuartal keempat 2014 sebesar US$701 (£462 juta), yang merupakan peningkatan dari periode yang sama tahun lalu. Sementara keuntungan sepanjang 2014 mencapai US$2,9 miliar atau hampir dua kali lipat dari tahun 2013.

“Kami semua mematuhi undang-undang pajak Inggris dan kenyataan di semua negara tempat kami beroperasi dan memiliki kantor” ungkap seorang juru bicara Facebook, seperti yang dilansir BBC.

Terungkapnya pembayaran pajak perusahaan Facebook ini memicu kembali perdebatan seberapa besar perusahaan membayar pajak perusahaan di Inggris, di tengah-tengah penyelidikan oleh Uni Eropa terkait dengan pengaturan pajak perusahaan global.

Google, Amazon, Starbucks, dan satu divisi Fiat sedang dalam penyelidikan Komisi Eropa. Penyelidikan itu ditempuh setelah Starbucks hanya membayar £8,6 juta untuk pajak usaha di Inggris selama 14 tahun, dari tahun 1998 hingga 2012 walau mencatat keuntungan lebih dari £3 miliar di Inggris dalam periode yang sama.

 

Baca Juga

Asep Sunandar Terpilih Jadi Google Doodle Hari Ini

  Kalau anda membuka mesin pencari Google hari ini, Sabtu (3/9), bakal menemukan dua tokoh ...