Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Dunia / Berapakah Upah Minimun di Negara Maju?

Berapakah Upah Minimun di Negara Maju?

th

Upah minimum di Indonesia hampir tiap tahun selalu naik. Buruh ataupun pekerja kadangkala melakukan aksi demo turun ke jalan bilamana upahnya tidak dinaikkan. Mereka menuntut kenaikan tatkala ada kenaikan dari harga-harga kebutuhan pokok, bahan bakar minyak, tarif listrik dan elpiji.

Beruntung kemudian, pada peringatan Hari Buruh Internasional tanggal 1 Mei 2015 silam, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri menjanjikan upah buruh akan naik tiap tahun. Besaran upah minimum di Indonesia sendiri berbeda tiap daerahnya. Ada besar sekali bahkan ada juga yang kecil, tergantung provinsi maupun kabupaten/kota.

Terkait upah minimum, Organisasi Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) merilis baru-baru ini merilis peringkat dari 27 negara yang Undang-undangnya menetapkan upah minimum mulai paling rendah hingga paling tinggi upah minimumnya.

Tetangga Indonesia, negara Australia mencatatkan diri sebagai negara yang upah minimunnya paling besar. Di Australia, upah minimum tertinggi dengan jumlah upah 9,54 dollar amerika per jam dari semula dihargai 15,96 dolar amerika kemudian dipotong pajak dan lainnya.

Penulis laporan OECD, Herwig Immervol seperti dikutip CNN, mengatakan,“Mereka memiliki upah minimum yang tinggi, dan menariknya merka memiliki beban pajak yang rendah,” kata Penulis laporan OECD, Herwig Immervol seperti dikutip CNN.”

disambung pula bahwa negara lain juga menetapkan upah minimum tidak jauh dari Australia, namun juga menetapkan beban pajak yang tinggi pula.

Bahkan, Amerika Serikat saja hanya mampu menduduki peringkat ke-11 dalam daftar dengan upah minimum sebesar 7,25 dolar amerika per jam, atau take home pay pekerjanya yakni 6,26 dolar amerika per jam.

Selain Australia, negara maju manalagi yang menerapkan upah minimunnya paling tinggi?

Berikut  ini 10 besar upah minimum tertinggi di negara maju :

  1. Australia 9,54 dolar per jam
  2. Luxemburg 9,24 dolar per jam
  3. Belgia 8,57 dolar per jam
  4. Irlandia 8,46 per jam
  5. Perancis 8,24 dolar per jam
  6. Belanda 8,2 dolar per jam
  7. Selandia Baru 7,55 dolar per jam
  8. Jerman 7,19 dolar per jam
  9. Kanada 7,18 dolar per jam
  10. Inggris 7,06 dolar per jam

Sedangkan negara-negara dengan upah minimum terendah (take home pay) yakni Latvia, Chili dan Meksiko yakni sekitar  1 dolar per jam.

Bicara upah minimum suatu negara ternyata selalu menjadi hal yang menarik untuk dibicarakan. Karena tidak sedikit jumlah upah minimum suatu negara menjadi tolak ukur ekonomi negara tersebut.

 

i

 

 

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

permainan-game-di-korea

Bintang Tamu Ini Bercinta di Depan Penonton Saat Siaran Langsung

Sebuah video merekam aksi dua bintang tamu berbaring di lantai di sebuah studio TV saat ...