Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Dunia / Berciuman Selain Menyehatkan, Ternyata Bisa Menyebabkan Kanker

Berciuman Selain Menyehatkan, Ternyata Bisa Menyebabkan Kanker

Ilustrasiciuman

Bagi sepasang kekasih, salah satu hal yang mungkin tak bisa dipungkiri adalah melakukan ciuman. Sebenarnya berciuman tidak hanya buat mereka yang sedang memadu kasih, orang tua kepada sang anak pun kadang ciuman.

Nah, sebenarnya berciuman punya segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Dikatakan sejumlah periset, aktivitas menggairahkan tersebut, ternyata bisa menyehatkan gigi, jantung, membakar kalori, ampuh mengatasi stres, bahkan bisa buat wajah Anda terlihat awet muda.

Meskipun demikian, ternyata hasil riset yang baru-baru ini dilakukan malah menyimpulkan hal sebaliknya. Berciuman diketahui memiliki dampak buruk yang nyaris menyamai bahaya dari merokok.

Adalah Dr. Mahiban Thomas, periset dari Royal Darwin Hospital yang mengungkapkan kalau berciuman dapat menularkan virus yang namanya HPV alias human papilloma virus. Menurutnya, bila virus tersebut menginfeksi oropharynx, maka pelaku ciuman berisiko tinggi terkena kanker kepala dan kanker leher.

“Di Amerika Serikat, 70 persen penderita kanker kepala dan kanker leher diketahui terinfeksi HPV” tutur Dr. Mahiban seperti dilansir laman Daily Mail.

Ditambahkan olehnya, ketika berciuman, setidaknya ada lebih dari 100 jenis virus yang masuk ke dalam tubuh. Tapi, hanya 8 jenis virus, termasuk HPV, yang mampu meningkatkan risiko terekena kanker.

Penelitian Dr. Mahiban juga mengungkapkan kalau risiko penularan HPV tak melulu hanya lewat berciuman saja.

“Perlu Anda ketahui, HPV juga bisa ditularkan melalui seks oral” imbuhnya.

Untuk itu, Dr. Mahiban menyarankan agar lebih berhati-hati saat berciuman, dalam artian tidak melakukannya dengan banyak orang. Jika Anda dan pasangan selalu menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh, masalah kesehatan itu pun akan bisa dicegah.

 

 

 

 

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

permainan-game-di-korea

Bintang Tamu Ini Bercinta di Depan Penonton Saat Siaran Langsung

Sebuah video merekam aksi dua bintang tamu berbaring di lantai di sebuah studio TV saat ...