Home / Berita / Berdasarkan Deteksi Satelit, di Sumatera ada 65 Titik Panas

Berdasarkan Deteksi Satelit, di Sumatera ada 65 Titik Panas

ttik panas

 

Satelit milik Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mendeteksi ada 65 titik panas berada di Sumatera dengan tingkat kepercayaan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) lebih dari 50 persen.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Pekanbaru, Slamet Riyadi di Pekanbaru, Sabtu (27/8) , mengatakan, jumlah titik panas itu mengalami kenaikan dibanding pantauan terakhir 51 titik panas.

“Hampir 94 persen atau 61 titik panas dari total 65 jumlah titik, terkosentrasi di Provinsi Riau. Sisanya di Provinsi Lampung terdeteksi tiga titik dan Provinsi Sumatera Barat satu titik,” paparnya seperti dikutip dari Antara.

Lebih lanjut dikatakan, setelah melihat sebaran titik panas di Sumatera berdasarkan rilis Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dari pantauan sensor modis pada citra satelit milik NASA yakni Aqua dan Terra.

Slamet juga menambahkan, 61 titik panas di Riau tersebar pada lima kabupaten yakni Rokan Hilir 36 titik, Siak 13 titik, Bengkalis sembilan titik, Rokan Hulu dua titik, dan Kampar satu titik.

 

 

 

Baca Juga

Anies Persilakan Warga Mengadu Seperti Era Ahok-Djarot

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mempersilakan warga ikut melaporkan persoalan di Balai ...