Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Bisnis / Berebut Momen Ramadan, Penerbit Kartu Kredit Banyak Menawarkan Fasilitas

Berebut Momen Ramadan, Penerbit Kartu Kredit Banyak Menawarkan Fasilitas

Memasuki bulan Ramadan, kebutuhan konsumsi masyarakat tentunya akan meningkat. Momen tersebut dimanfaatkan oleh penerbit kartu kredit untuk menawarkan berbagai kemudahan dalam berbelanja yang tujuannya adalah mengatifkan pemakaian kartu kredit. Tujuan akhirnya adalah meningkatkan pendapatan bunga dari transaksi pemakaian kartu kredit.

Berbagai diskon, hadiah langsung dan cashback ditawarkan kepada pemilik kartu kredit, semakin banyak bertransaksi, maka peluang untuk mendapatkan poin juga semakin besar.

Kondisi tersebut menjadi ajang untuk prinsipal dan bank penerbit kartu kredit dan debit untuk memberikan nilai tambah yang lebih menggiurkan dalam menyemarakkan momentum Ramadan.

Bank penerbit kartu atau prinsipal sering berkerjasama dengan perusahaan ritel untuk meningkatkan transaksi kartu kredit. Bagi bank yang mempunyai group usaha retail tentunya akan mendapatkan keuntungan dari dua sisi. Satu sisi transaksi kartu kreditnya meningkat dan disisi lain group usaha retail penjualannya juga meningkat.

Prinsipal kartu kredit Mastercard kian gencar menggandeng perusahaan ritel. Ini tahun kedua, prinsipal asing itu menggandeng Lotte Mart. Pada tahun lalu, kerja sama memberikan hadiah langsung voucher kepada pelanggan.
Dengan program tersebut berhasil pelanggan. Sehingga transaksi Lotte Mart sepanjang 2014 meningkat 20%. Tak tanggung-tangung, tahun ini kerja sama dilanjutkan dan Lotte Mart pun mematok pertumbuhan transaksi mencapai 25% year on year.

Yuddy N.G Senior Marketing Manager Lotter Mart Indonesia di Jakarta, kepada Bisnis Indonesia mengatakan “Kerja sama bisa dinaikkan transaksi hingga 20%, ”. Setiap tahun perusahaan ritel ini ingin memberikan konsep yang berbeda. Menurutnya, pemberian hadiah langsung akan memberikan daya tarik yang cukup tinggi kepada pelanggan.

Sebelumnya, Lotte Mart juga sempat memberikan asuransi kecelakaan kepada pelanggan yang berbelanja.
Country Manager MasterCard Indonesia Irni Palar mengatakan kerja sama kembali dengan Lotte Mart kembali mengulang kesuksesan di tahun lalu. Dia mengungkapkan peningkatan transaksi pada tahun lalu cukup signifikan. Namun, pada tahun ini prinsipal asing tersebut memasang target di bawah 20%. “Saya rasa enggak setinggi itu (20%),” katanya.

Irni mengatakan efek perlambatan ekonomi telah berdampak pada industri kartu kredit, sebab konsumsi ritel yang menjadi kebutuhan sehari-hari tidak bisa dihilangkan. Disisi lain, dia mengungkapkan tren peningkatan transaksi kartu kredit untuk nominal yang cukup besar juga masih menjanjikan.

Siapa yang tidak tergiur dengan cicilan 0%? Yudy mengatakan tawaran cicilan 0% pun menjadi salah satu senjata perusahaan ritel untuk memikat pelanggan.

PT Bank CIMB Niaga Tbk. juga menawarkan cicilan 0%, diskon berbelanja di berbagai merchant serta memberikan nilai tukar yang kompetitif untuk transaksi valuta asing. Bank yang dimiliki oleh perusahaan Malaysia menyasar komunitas dengan memberikan desain khusus. Bank penerbit kartu bernama PT Nissan Motor Indonesia dan MasterCard meluncurkan Juke Privilege Card yang ditujukan kepada para pemilik Nissan Juke.

Berbagai macam program dirancang untuk mengejar dua juta keping kartu kredit hingga akhir tahun. Sementara itu, hinggal April 2015, Head of Card & Merchant Business Consumer Banking CIMB Niaga Bambang Adi Karsono mengatakan jumlah kartu kredit sudah mencapai 1,85 juta keping.

Kerja sama pemberian diskon juga dilakukan PT Bank Mandiri Tbk dengan Accor, Hery Gunardi, Direktur Consumer PT Bank Mandiri Tbk mengatakan kerja sama dengan Accor memungkinkan pengguna kartu kredit dan kartu debit perseroan meningkat melalui promo menarik di seluruh jaringan Accor di Indonesia, Malaysia dan Singapura hingga Desember 2015.

Selain Accor, Bank Mandiri juga meluncurkan program bersama denga PT Garuda Indonesia Tbk dan tengah menjajaki kerja sama strategis dengan maskapai penerbangan lainnya. “Lebaran kami rencana dengan Garuda, akan ada pesawat khusus Mandiri dan Garuda,” ungkap Heri.

Secara umum, tahun ini Bank Mandiri menargetkan pertumbuhan bisnis kartu kredit bisa mencapai 13%-15%. Adapun per Maret 2015, total outstanding kartu kredit mencapai Rp 8,34 triliun atau tumbuh 50,16%.

Ide-ide perusahaan jasa keuangan untuk meningkatkan transaksi kartu kredit cenderung direspon baik oleh nasabah. Kini bank-bank penerbit kartu kredit pun kian gencar untuk memancing minat nasabah menggunakan limit yang berada di kartu kredit guna meraih komisi.

Ditengah semaraknya Ramadan, kini nasabah memiliki banyak pilihan. Hal tersebut tergantung seberapa mampu nasabah mengendalikan keinginan. Belanja cerdas dalam memenuhi kebutuhan serta melihat benefit transaksi yang ditawarkan.
Sumber : Harian Bisnis Indonesia

Below Article Banner Area

Baca Juga

amnesti_pajak889

Periode I Tax Amnesty Berakhir hari ini, Dirjen Pajak: Kita akan Layani Sampai Selesai

Periode I program Pengampunan Pajak atau Tax Amnesty bakal berakhir hari Jumat (30/9) ini. Untuk ...