Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Berikan Kesaksian, Ahok Ungkap Dasar Hukum Tambahan Kontribusi Sebesar 15 persen

Berikan Kesaksian, Ahok Ungkap Dasar Hukum Tambahan Kontribusi Sebesar 15 persen

ahok-jadi saksi777

 

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau biasa disapa Ahok mengungkapkan dasar hukum mengapa pemerintah daerah (pemda) DKI menetapkan besaran tambahan kontribusi sebesar 15 persen dari Nilai Jual Objek Pajak dikali tanah pulau reklamasi yang dapat terjual dalam raperda.

“Ada Keppres (Keputusan Presiden) No 52 tahun 1995 yang mengatur ruang daratan dan pantai. Kemudian saya melihat ada di perjanjian antara Pemda dengan Manggala Karya Yudha (MKY) yaitu perjanjjian 1997 yang menyebutkan bahwa ada kontribusi sumbangan pihak kedua berupa uang atau fisik infrastruktur nah sekarang kalau kita buat nilainya berapa? Dalam pasal 12 Keppres diamanatkan segala biaya reklamasi pantura dilakukan mandiri oleh gubernur bekerja sama dengan swasta, jadi tugasnya kami yang harus membuat perjanjian kerja sama dengan pengembang,” papar Ahok di pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat, Senin (25/7).

Ahok seperti diketahui jadi saksi dalam kasus suap mantan Presiden Direktur PT Agung Podomoro Land Ariesman Widjaja dan pegawainya Trinanda Prihantoro yang didakwa menyuap anggota DPRD DKI Jakarta dari fraksi Partai Gerindra Mohamad Sanusi sebesar Rp2 miliar agar mengubah pasal yang mengatur kontribusi tambahan dalam Raperda tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Pantai Utara (Pantura) Jakarta (RTRKSP) dari tadinya 15 persen menjadi 15 persen dari 5 persen kontribusi.

“Lalu kita membuat pertemuan dengan pengembang waktu itu Pak Areisman juga hadir di Pantai Mutiara. Kami temukan dokumen perjanjikan PT MKY ini 2013. Kami katakan nah uang ini berapa pengembang mau sumbang? Waktu itu bagaimana kalau sumbangan sebesar Rp1 juta per meter reklamasi, tapi pertanyaannya kenapa tidak Rp2 juta? Dan seterusnya lalu akhirnya saya katakan lebih baik buat perjanjian dulu, kalau mau reklamasi minta contoh surat perjanjian 97 ada sumbangan tambahan kontribusi tambahan yang nilainya bisa buat penanggulangan banjir, seperti pendirian rumah pompa, rusun, bendungan waduk,” jelas Ahok.

Tetapi perjanjian pemda dengan PT MKY itu tidak menyebutkan nilai atau persentase sumbangan dari perusahaan maka Ahok pun memerintahkan Dinas Tata Ruang untuk mencari nilainya berdasarkan pengalaman yang sudah ada yaitu reklamasi Ancol Barat.

“Lalu kami cari best practice dari dunia usaha. Ancol Barat itu total hasil reklamasi, kebetulan kerja sama anak perusahan BUMD. Berapa bagi hasil dengan DKI? Ternyata ditemukan DKI dapat 30 persen, BUMD dapat 70 persen, tapi kalau pakai ini nanti akan masalah juga karena mengapa bukan 100 persen? Jadi saya minta coba cari rumus kira-kira berapa tahun terakhir 30 persen dibandingkan NJOP nilainya berapa? Dapat angka 15 persen dari NJOP, itu yang mengkaji Biro Tata Ruang dan mengundang staf ahli untuk mengkaji,” ungkapnya.

“Jadi tidak asal ya?” tanya ketua majelis hakim Sumpeno.

“Tidak, ada rumusnya,” demikian jawab Ahok.
 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

dukung-ahok-istri-haji-lulung-minta-cerai

Kalo Dukung Ahok, Istri Haji Lulung Minta Cerai

‘Pah kalau dukung Ahok kita bercerai saja deh” Kata Haji Lulung menirukan ucapan istrinya. Rupanya ...