Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Berita Nasional Terkini, Bayi Tahun 2016 Akan Dapat KTP

Berita Nasional Terkini, Bayi Tahun 2016 Akan Dapat KTP

Terobosan baru akan diluncurkan pemerintahan Jokowi-JK, dalam hal ini melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Berita Nasional Terkini, Bayi Tahun 2016 Akan Dapat KTP

Pasalnya Kemendagri akan segera menerbitkan kartu identitas untuk anak atau bayi yang baru lahir di tahun 2016. Kartu identitas tersebut sejenis KTP, namun secara lebih spesifik akan diberi nama Kartu Identitas Anak (KIA).

Kartu itu kelak akan dimiliki bayi yang baru lahir hingga remaja berusia 17 tahun. Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh mengatakan kartu identitas itu digunakan untuk mengurus berbagai keperluan administrasi.

“Masa anak usia SMP mau ke puskesmas buat tambal gigi saja harus ditemani orangtua. Kalau ada KIA, mereka bisa lebih mandiri” ungkap Zudan, seperti yang dikutip dari situs Kemendagri.

Menurut Zudan identitas itu akan melengkapi kekurangan yang ada pada akta kelahiran. Akta kelahiran dianggap tidak mencantumkan alamat sang anak. Selain itu, rata-rata kepemilikan akta kelahiran saat ini baru sampai 50 persen.

Selain itu KIA juga bisa dimanfaatkan untuk persyaratan pendaftaran sekolah di suatu kabupaten/kota, melakukan transaksi keuangan di dunia perbankan dan PT Pos Indonesia, hingga pelayanan kesehatan di puskesmas atau di rumah sakit.

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...