Home / Berita / Nasional / Berita Terkini Gerhana Matahari, Ilmuwan NASA ke Indonesia

Berita Terkini Gerhana Matahari, Ilmuwan NASA ke Indonesia

NASA Amerika mengirim 4 ilmuwan ke Indonesia untuk menyaksikan Gerhana Matahari Total yang jatuh tanggal 9 Maret 2016.

Gerhana Matahari Total

Gerhana Matahari Total rupanya dianggap sebagai fenomena alam besar yang terjadi di Indonesia pada tanggal 9 Maret 2016 nanti. Beberapa bagian di Indonesia menjadi saksi peristiwa gerhana matahari total. Kejadian alam ini tak hanya jadi perhatian di dalam negeri, tetapi juga perhatian dunia.

Bahkan Lembaga Antariksa AS, NASA mengutus 4 ilmuwannya meneliti gerhana matahari ini. Hal ini disampaikan Wakil Duta Besar AS untuk Indonesia, Brian McFeeters. Menurutnya ini kerja sama antara AS dan Indonesia dalam bidang pendidikan khususnya bidang antariksa.

Pihaknya mengatakan jika datangnya 4 ilmuwan ini adalah perwujudan  kerjasama antara NASA dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional atau LAPAN. Rencana ilmuwan dari kedua institusi itu akan mengamati gerhana matahari dari Halmahera.

McFeeters menambahkan, NASA sangat serius mengobservasi gerhana matahari di Halmahera. Hal ini ditunjukkan dengan sejumlah alat canggih dan mutahir yang diboyong NASA ke Indonesia.

“NASA datang karena mereka ingin mencoba alat baru sehingga mereka bisa mendapatkan data terbaik. Gerhana ini setahu saya akan mendekati 100 persen total sehingga akan benar-benar gelap” ungkap McFeeters.

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...