Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Berita Terkini Politik Hukum, Tuntutan OC Kaligis Dibacakan Jaksa!

Berita Terkini Politik Hukum, Tuntutan OC Kaligis Dibacakan Jaksa!

Jaksa KPK membacakan tuntutan terhadap pengacara Otto Cornelis Kaligis, Rabu (18/11/2015) siang.

Tuntutan OC Kaligis Dibacakan Jaksa!

Dalam kasus ini, Kaligis dijerat dengan Pasal 6 ayat 1 dengan hukuman maksimal 15 tahun penjara. jaksa Yudi Kristiana mengatakan, akan terungkap di persidangan apakah jaksa akan menuntutnya maksimal atau tidak.

“Nanti akan diuraikan dalam tuntutan apakah memenuhi kriteria tuntutan maksimal atau tidak” ungkap Yudi.

Selama persidangan, Kaligis enggan mengakui adanya pemberian uang darinya kepada hakim dan panitera PTUN Medan. Padahal saat pemeriksaan pada persidangan, tiga hakim dan satu panitera telah mengakui adanya suap itu.

Kaligis didakwa menyuap majelis hakim dan panitera PTUN di Medan sebesar 27.000 dollar AS dan 5.000 dollar Singapura. Suap tersebut untuk memengaruhi putusan gugatan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara atas pengujian kewenangan Kejati Sumatera Utara terkait penyelidikan tentang terjadinya dugaan tindak pidana korupsi dana bansos.

Selain itu juga bantuan daerah bawahan (BDB), bantuan operasional sekolah (BOS), tunggakan dana bagi hasil (DBH), dan penyertaan modal pada sejumlah BUMD pada Pemerintah Provinsi Sumut.  Uang tersebut didapat Kaligis dari istri Gubernur nonaktif Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho, Evy Susanti yang ingin suaminya “aman” dari penyelidikan oleh Kejati Sumut.

Diketahui, Evy memberikan uang sebesar 30.000 dollar AS kepada Kaligis untuk diserahkan kepada hakim dan panitera PTUN Medan. Atas perbuatannya, Kaligis dijerat Pasal 6 ayat 1 huruf a atau Pasal 13 UU No 31 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP jo Pasal 64 ayat 1 KUHP.

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...