Home / Berita / Dunia / Berusia 68 Tahun, Tapi Kakek ini Masih Sekolah SMP

Berusia 68 Tahun, Tapi Kakek ini Masih Sekolah SMP

Kakek Durga menjadi murid SMP tertua, dengan usia 68 tahun.

043264400_1465981849-15062016-durgakami3

Sosok laki-laki dengan rambut yang telah memutih, berada di antara siswa sekolah yang seumuran cucunya. Namanya Durga, usianya 68 tahun. Saat ini ia sedang duduk di kelas  X di sebuah sekolah menengah di Shree Kala Bhairab di Syangja Nepal.

Seperti dilansir chinadaily, Durga membiarkan jenggotnya berkibar-kibar memakai seragam ke sekolah. Dengan bantuan tongkatnya ia harus berjalan selama kurang lebih satu jam. Seperti di negara-negara berkembang lainnya, keinginan Durga untuk sekolah dihentikan oleh kemiskinan.

Padahal ia bercita-cita menjadi guru, namun sampai setua ini semangat belajarnya terus menyala. Ayah enam anak dan kakek delapan cucu ini setiap hari pergi ke sekolah. Ia bertekad ingin menyelesaikan sekolahnya setelah kesepian ditinggal mati isterinya.

036107100_1465970444-15062016-durgakami

Di sekolah ia bergabung dengan keramaian siswa-siswa lain yang berjumlah kurang lebih 200 siswa. Keriuhan itu kontras dengan rumahnya yang terisolasi di Syangja, kira-kira 250 kilo meter dari ibu kota Nepal Kathmandu. Kakek Durga tinggal sendirian di rumah yang berada di atas bukit.

“Untuk melupakan kesedihan saya pergi ke sekolah” kata Durga di tengah puluhan siswa yang rata-rata berusia 14-sampai 15 tahun.

Jumlah siswa kelas sepuluh di mana Durga berada sebanyak 20 orang. D.R Koirala guru sekolah mengundang Durga dan memberikan perlengkapan sekolah, termasuk  seragam celana panjang abu-abu, kemeja putih dan dasi bergaris dasi.

“Ini adalah pengalaman pertama saya mengajar orang seusia ayahku. Saya  senang dan bahagia” ungkap Koirala.

 

Baca Juga

Kapal Dihantam Ombak, 7 Pemancing Sempat Terombang-ambing di Laut

Probolinggo – Sebuah kapal yang membawa tujuh pemancing sempat terombang-ambing di tengah laut Perairan Pulau ...