Home / Berita / Ibu Kota / Besok Ribuan Buruh Siap Turun ke Jalan, Waspada Kemacetan!

Besok Ribuan Buruh Siap Turun ke Jalan, Waspada Kemacetan!

Buruh Dukung KPK
Buruh Dukung KPK

Aktual Post – Buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) akan melaksanakan demonstrasi di sepanjang keramaian ibu kota, esok hari Kamis (17/10). Dapat dipastikan bahwa akan ada kemacetan akibat aksi demo para buruh. Bagaimana tidak, anggota yang ikut dalam kegiatan demonstrasi ini mencapai kurang lebih 35.000 buruh dari Jabodetabek dan Jawa Barat.

Aksi ini akan dilancarkan di lokasi Bundaran HI, Jakarta, pada pukul 10.00 WIB, dan dilanjutkan menuju ke Istana Merdeka. Para buruh pun akan beralih ke kantor Menakertrans dan setelah itu, ke kantor KPK yang terletak di Jalan Raguna Said. Mereka akan membawa bunga perjuangan sebagai aksi dukungan kepada KPK.

“Baru pertama kali aksi dukungan ini diikuti oleh ribuan orang. Biasanya cuma ratusan. Selebihnya, kami akan tetap mendukung KPK untuk memberantas korupsi. Banyak kasus korupsi yang merugikan buruh,” ujar Presiden KSPSI, Andi Gani Nena Wea di Jakarta (16/10).

Tidak hanya di Jakarta, aksi serupa pun juga akan dilancarkan di Kantor Gubernur Jawa Timur dan di Batam. Telah disiapkan beberapa hal yang akan disampaikan kepada Presiden. “Sudah kami siapkan lima petisi kaum pekerja atau buruh untuk diajukan ke Presiden,” imbuhnya.

Petisi itu antara lain berisi, hapuskan outsourcing yang tidak sesuai aturan sebagaimana telah disepakati di BUMN, BUMD, dan BUMS. Petisi lain menyebutkan bahwa Presiden hendaknya menurunkan harga sembako karena mahalnya kebutuhan sehari-hari itu cukup menyengsarakan para buruh.

Selain petisi ke Presiden, para buruh juga menyiapkan petisi untuk pihak Menakertrans. Petisi itu berisi agar SE Menakertrans RI No 4/2013 yang melegalkan outsourcing dicabut.

Menurut Andi, tidak ada aksi sweeping di pabrik yang kian gentar diberitakan oleh media. “Tidak ada aksi-aksi sweeping di pabrik. Ini kesadaran,” pungkasnya.

Baca Juga

Ahok Sindir Anies Baswedan Soal KIP

“Intinya warga dididik untuk menerima hak dan ngerti keadilan buat yang lain” ungkap Ahok. Seperti ...