Home / Berita / Nasional / Biar Tidak Bingung, Harga BBM tiap tiga bulan Akan disesuaikan Pemerintah

Biar Tidak Bingung, Harga BBM tiap tiga bulan Akan disesuaikan Pemerintah

warga-mengisi-bahan-bakar-minya-bbm-di-spbu-kuningan-jakarta-_120405224012-479

Masyarakat beberapa bulan terakhir ini dibuat bingung oleh kebijakan pemerintah. Hampir tiap bulan pemerintah selalu menyesuaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

Yang terakhir adalah pada 30 Mei 2015, harga Pertamax untuk wilayah Banten, Jakarta dan Jawa naik Rp 500 menjadi Rp 9.300 per liter, dari harga semula Rp 8.800.

Menyadari hal itu, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral akan menetapkan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) tiga bulan sekali agar tidak sering berfluktuasi.

“Kami akan menetapkan penyesuaian harga BBM selama tiga bulan sekali agar harganya stabil dan tidak menyusahkan masyarakat,” ujar Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said di Jakarta,Minggu.

Namun demikian, kebijakan tersebut tidak bisa diberlakukan secepatnya. Sebab pemerintah masih membutuhkan waktu untuk mengamati dan menganalisis pergerakan harga minyak.

“Kami perlu mengamati pergerakan harga minyak, November nanti mungkin sudah bisa diberlakukan,” kata Sudirman.

Rencananya pula, pemerintah akan menetapkan harga terendah dan harga tertinggi BBM. Saat harga dasar minyak lebih rendah dari harga terendah yang telah ditetapkan, selisihnya akan menjadi dana kontribusi saat harga dasar minyak lebih tinggi dibandingkan harga tertinggi yang ditetapkan.

 

 

 

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...