Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Biar Tidak Terjadi Trouble Jelang Lebaran, Kominfo Cek Kesiapan Jaringan Telekomunikasi

Biar Tidak Terjadi Trouble Jelang Lebaran, Kominfo Cek Kesiapan Jaringan Telekomunikasi

70.logo selular 2

Biasanya dalam perayaan hari-hari besar keagamaan, trafik komunikasi di masyarakat akan meningkat. Mereka biasanya menggunakan komunikasi entah itu sms ataupun telepon sekedar mengucapkan. Jika terjadi lonjakan trafik komunikasi, biasanya kadang terjadi trouble.

Untuk itu, dalam rangka mengantisipasi peningkatan trafik telekomunikasi menjelang Hari Raya Idul Fitri 1436 H, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggelar apel kesiapan jaringan.

Kualitas layanan jaringan tersebut akan diberikan oleh para operator telekomunikasi kepada masyarakat ataupun para pemudik, di mana nantinya akan diawasi oleh Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI).

Untuk tahun ini, sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, persiapan antisipasi lonjakan trafik telekomunikasi ini digelar lebih awal, pada minggu pertama bulan puasa.

“Bila biasanya digelar dua minggu sebelum lebaran, maka kali dimajukan satu minggu. Agar nanti para operator lebih siap memberikan layanan kepada masyarakat saat melakukan mudik,” ujar Menkominfo, Rudiantara, di kantornya, Jakarta.

Ditambahkan oleh Rudiantara, kesiapan jaringan ini akan difokuskan pada titik-titik sepanjang jalur mudik, jalan tol baru (Cipali), hingga jalur kereta api.

“Jalur mudik tersebut tidak hanya di Jawa, melainkan meliputi hingga jalur mudik di Sumatera, Bali, hingga Sulawesi,” ujar Rudiantara.

Pengecekan kualitas jaringan ini sendiri dilakukan Kementerian Kominfo melalui Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) bersama para operator. Drive test dilakukan sesuai Peraturan Menteri nomor 16 tahun 2013 tentang Standar Pelayanan Jasa Telepon Dasar pada Jaringan Bergerak Seluler.

Kesiapan jaringan ini ada difokuskan pada empat hal. Pertama, kuat daya pancar dan daya terima handset (coverage). Kedua, tingkat kesuksesan akses jaringan voice dan SMS (success call), dalam satu operator (on net) maupun lintas operator (off net). Ketiga, tingkat kontinuitas voice dan SMS (drop call/not delivered), dalam satu operator (on net) maupun lintas operator (off net). Sedangkan terakhir, keempat, kualitas download dan speed layanan internet (data throughput).

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...