Home / DUNIA SEKS 18+ / Bibir Vagina Benjol, Apakah Berbahaya?

Bibir Vagina Benjol, Apakah Berbahaya?

Benjolan di bibir vagina bawah yang nyeri dapat disebabkan oleh kista bartholin.

Bibir Vagina Benjol, Apakah Berbahaya

Kelenjar bartholin adalah 2 kelenjar yang berlokasi di kanan dan kiri pada bibir vagina yang berfungsi untuk memproduksi lendir untuk membasahi/melumasi vagina.

Seperti yang dilansir KlikDokter, kelenjar bartholin dapat terinfeksi dan jika kelenjar bartholin tersumbat maka akan menyebabkan pembentukan kista yang berisi cairan.

Kista ini dapat disebabkan oleh infeksi, peradangan, atau sumbatan lokal karena lendir vagina. Apabila disebabkan karena infeksi, kista tersebut berubah menjadi abses.

Kista bartholin umum terjadi pada wanita usia 20-29 tahun terutama mereka yang belum pernah hamil atau baru hamil sekali. Kista tersebut tidak berbahaya namun dapat menyebabkan nyeri dan membuat jalan menjadi lebih sulit.

Namun tidak ada salahnya mengunjungi Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan untuk pemeriksaan fisik mendetil dan penanganan yang optimal.

Jika hanya bartholinitis (radang/infeksi kelenjar bartholin), maka penanganannya dapat menggunakan antibiotik sesuai dengan resep dokter. Namun jika itu adalah kista, perlu dilakukan tindakan bedah untuk penanganannya.

 

 

Baca Juga

Sebenarnya, Dimana Letak G Spot?

“Letak tersebut berada pada dinding Miss V bagian depan” G-spot dianggap sebagai surga oleh banyak wanita ...