Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Bila Pasal Penghinaan Presiden dihidupkan, Lecehkan Keputusan MK

Bila Pasal Penghinaan Presiden dihidupkan, Lecehkan Keputusan MK

pasal penghinaa

Akhir-akhir ini ramai diperbincangkan tentang rencana dihidupkannya kembali Pasal Penghinaan Presiden. Adalah pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) yang berupaya menghidupkan kembali pasal mengenai penghinaan kepada presiden. Padahal sebelumnya pasal ini sudah dibatalkan Mahkamah Konstitusi (MK) karena dianggap tidak sejalan dengan konstitusi.

Menurut Ketua MK, Arief Hidayat, putusan yang dikeluarkan lembaganya harus dilaksanakan semua pihak.

“Kita bisa mengatakan, putusan MK itu final dan mengikat,” ujar Arief di Jakarta, Senin (10/8).

Sementara itu, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD menilai peluang pasal penghinaan presiden masuk KUHP kecil.

“(Pasal penghinaan presiden) Itu sudah ramai dibicarakan. Seharusnya tak diajukan kembali. Itu sudah pernah diputus oleh MK,” ungkap Mahfud MD.

Sedangkan Anggota Komisi III DPR, Abu Bakar Al Habsyi menuturkan bahwa perlu dipahami, dengan adanya putusan bernomor 013-022/PUU-IV/2006 delik penghinaan terhadap kepala negara yaitu pasal 134, 136 bis, dan 137 KUHP telah dinyatakan bertentangan dengan UUD Negara RI Tahun 1945.

Bila pasal ini diusulkan oleh seorang presiden, lanjutnya, maka presiden telah memberikan contoh yang tidak baik kepada masyarakat, yang seharusnya menghormati kewenangan dan posisi MK sebagai lembaga penjaga konstitusi.

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...