Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Blok Mahakam Akan diambil Alih Pemerintah, Freeport Masih Menunggu

Blok Mahakam Akan diambil Alih Pemerintah, Freeport Masih Menunggu

MAHAKAM

Salah satu sumber alam Indonesia yang dikelola oleh asing, Blok Mahakam rencananya akan diambil alih oleh pemerintah. Blok Mahakam yang dikelola oleh perusahaan migas asal Perancis, Total E&P Indonesie dan Inpex Corp kontraknya hingga tahun 2017, sehingga Pemerintah akan mengambil alih sepenuhnya pengelolaan kepada Pertamina.

“Presiden Joko Widodo menegaskan kembali bahwa pemerintah telah memutuskan pengelolaan Blok Mahakam akan diambil alih oleh pemerintah,” ungkap Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, dalam siaran pers

Sementara mengenai tambang emas Freeport, karena kontraknya baru habis tahun 2021, maka kementerian ESDM akan menjaga agar secara bertahap kepemilikan Indonesia semakin besar.

“Mekanisme tersebut juga menjaga agar manfaat fiskal dan ekonomi untuk Indonesia dari Freeport semakin besar,” tutur Pratikno.

Pemerintah, katanya, tengah melakukan terobosan pengelolaan sumber daya mineral melalui UU Mineral dan Batubara (Minerba) untuk mengatur hubungan antara negara dengan Freeport.

“Hubungan yang semula kontrak karya akan diubah menjadi izin usaha pertambangan sehingga posisi Indonesia sebagai negara lebih kuat,” imbuh Pratikno.

Dijelaskan olehnya, kalau pemutusan sepihak atas pengelolaan tambang emas dan tembaga di Provinsi Papua tidak akan menyelesaikan masalah.

“Pemutusan sepihak akan memunculkan masalah baru, yakni ekonomi Papua akan terganggu dan masyarakat akan menderita,” jelas Pratikno.

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...