Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Blue Moon di Langit Indonesia, Ini Mitos Munculnya Bulan Biru

Blue Moon di Langit Indonesia, Ini Mitos Munculnya Bulan Biru

Foto Blue Moon di Langit Indonesia, Ini Mitos Munculnya Buan Biru

Foto-foto Blue Moon atau Bulan Biru yang muncul di beberapa daerah di Indonesia pada Jumat (31/7/15), memang menarik bagi masyarakat. Biasanya tiap tahun, Bumi mendapatkan purnama ekstra karena ketidaksinkronan antara rotasi Bulan dan Bumi. Berikut ini akan disajikan beberapa mitos seputar Blue Moon atau Bulan Biru, yang layak untuk disimak.

Mitos bulan purnama munculkan setan membuat manusia kejang-kejang

Orang Eropa zaman dulu kerap menghubungkan kejang-kejang yang terjadi secara tiba-tiba di bulan purnama, sebagai bentuk serangan setan. Hanya saja penelitian di jurnal Epilepsy & Behavior di tahun 2004, menyatakan bila kejang itu adalah tanda dari penyakit epilepsi dan tidak ada hubungannya antara epilepsi dengan bulan purnama.

Mitos hewan-hewan sakit saat Blue Moon

Penelitian Universitas Colorado beberapa tahun silam, jumlah pasien rumah sakit hewan dilaporkan meningkat sekitar malam bulan purnama. Namun ilmuwan Universitas Colorado mengatakan peningkatan jumlah hewan yang terluka atau sakit saat bulan purnama, terjadi akibat kesalahan si pemilik. Saat bulan bersinar terang pemilik hewan banyak membawa piaraan mereka keluar rumah, hal itulah yang meningkatkan resiko kecelakaan pada hewan.

Mitos anjing berubah buas ketika bulan purnama

Beberapa data di jurnal Medis Inggris pada tahun 2001, diketahui jumlah gigitan hewan pada dokter akan meningkat pesat saat bulan purnama. Kenaikannya bahkan sempat dikatakan hingga 2 kali lipat. Namun hal itu dibantah oleh penelitian dari Australia. Dari penelitian ini disimpulkan bila angka gigitan hewan terutama anjing relatif sama di setiap malam, walaupun di bulan purnama sekalipun.

Mitos bulan purnama sebabkan manusia menggila

Menurut Moonphase.info, salah satu mitos seputar bulan purnama yang paling banyak dipercaya orang adalah peningkatan jumlah orang gila dan kunjungan rumah sakit di malam itu. Namun hal itu terbantahkan berdasarkan hasil dua penelitian di jurnal Psychiatric Services (2005) dan American Journal of Emergency Medicine (1996), mengungkapkan tidak ada perbedaan antara jumlah kunjungan pasien di rumah sakit dan psikiater pada malam biasa dan bulan purnama.

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...

One comment

  1. Roswita Ibrahim

    Ya saya tiba2 ketika terbangun malam2 menyadari langit tiba2 terang benderang, d sy kesulitan tidur kembali krn semua jendela kamar tidur sy seperti diterangi sinar lampu dari luar. Sy menyesal tak keluar melihat bulan purnama yg istimewa itu. Bukankah ini Hal yg tak lazim ?