Home / Berita / Regional / BNPB : Meski Dasyat, Gempa Malang Tidak Timbulkan Korban Jiwa

BNPB : Meski Dasyat, Gempa Malang Tidak Timbulkan Korban Jiwa

 

Ilustrasi
Ilustrasiwa

Aktual Post – Pagi tadi tepat pukul 09.13 WIB telah terjadi gempa bumi di kabupaten malang, Jawa Timur. Gempa tersebut memiliki kekuatan 5.9 Skala Richter (SR), dengan durasi sekitar 3 – 5 detik. Kendati cukup dasyat, menurut laporan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) gempa tadi pagi tidak menimbulkan korban jiwa.

Kerugian secara material juga tidak terlalu, hanya meninggalkan rasa was – was bagi warga yang berada di kawasan gempa. Menurut laporan BNPB yang dilanasir melalui halaman News.Detik.Com  Senin 08/07/2013, gempa yang terjadi pada saat jam kantor tersebut juga tidak berpotensi menimbulkan Tsunami.

Berdasarkan peta guncangan gempa menunjukkan intensitas III MMI (lemah) di selatan wilayah Jawa Timur. Sumber gempa berada di bagian dalam zona subduksi atau pertemuan lempeng tektonik antara lempeng Hindia Australia dan Eurasia. BPBD masih melakukan pengecekan ke bagian selatan, Berita Satu (8/7).

Pusat gempa sendiri berada di kedalaman 10km di bawah laut, sehingga dipermukaan gempa hanya dirasakan 5.9SR. Pusat gempa berada di Samudera Hindia yaitu 112 km Tenggara Malang (Jatim), 114 km Barat Daya Lumajang (Jatim), 130 km Barat Daya Jember (Jatim) atau 202 km Tenggara Surabaya.

Dari pantuan yang dilakukan oleh Aktual Post, sejauh ini memang tidak terdapat korban jiwa satu pun. Meski begitu, para warga masih merasa cemas karena takut akan akan adanya gempa susulan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, kebanyakan warga di kabupaten Malang membuat tenda darurat di luar rumah.

Baca Juga

Ketua Pengadilan Agama Kepergok di Hotel, Lagi…

“Benar-benar kembali mencoreng profesi hakim” ungkap juru bicara Komisi Yudisial (KY), Farid Wajdi (Selasa, 11/10/2016). ...