Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Dunia / Bos Freeport-McMoRan James Moffett Mengundurkan Diri dari Posisinya, Ini Penjelasannya

Bos Freeport-McMoRan James Moffett Mengundurkan Diri dari Posisinya, Ini Penjelasannya

james moffett

 

Pendiri Freeport -McMoRan Inc, James Moffet mengundurkan diri dari posisinya sebagai executive chairman dan dewan komisaris, pasca perusahaan menempatkan dua direktur baru di bawah tekanan investor miliarder Carl Icahn.

Freeport mengungkapkan bahwa Moffett, telah ditunjuk sebagai chairman emeritus, menjadi konsultan untuk dewan dan mengawasi perusahaan pada operasinya di Indonesia. Moffett (77) memainkan peran kunci dalam pengembangan tambang emas Grasberg dan tembaga di Indonesia, salah satu yang terbesar di dunia.

Atas pergeseran ini saham Freeport turun lebih dari 9% menjadi USD6,86 pada Senin (28/12) waktu setempat.

“Setelah pertimbangan cermat, dewan menyimpulkan bahwa perubahan dalam posisi chairman berada dalam kepentingan terbaik dari perusahaan dan pemegang saham,” demikian juru bicara perusahaan dalam sebuah email, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (29/12).

Ditambahkan pula, Moffett dan dewan saling sepakat bahwa dia akan mengundurkan diri.

Icahn, yang memiliki 8,8% saham Freeport pada 22 September 2015, telah mengkritik biaya penambangan, struktur modal dan kompensasi eksekutif pada saat harga komoditas lemah.

Seperti diketahui Icahn dan Freeport mencapai kesepakatan pada Oktober lalu, membatasi jumlah anggota dewan. Perusahaan akan mengurangi jumlah direksi menjadi sembilan dari 16 orang, serta memisahkan bisnis minyak dan gas dari operasi penambangan.

Freeport sendiri masuk ke bisnis minyak dan gas pada 2013 dengan perolehan Plains Exploration dan McMoRan Exploration sebesar USD9 miliar. Langkah ini mengangkat alis karena Moffett juga pemegang saham individu terbesar McMoRan dan menduduki CEO.

“Sejak (Moffett) menjadi ketua, saham telah pergi jauh dari USD60 turun ke USD7,” ujar analis Tigress Financial Parteners, Ivan Feinseth.

Dilanjutkan pula, saat saham itu mendekati USD60, mereka memutuskan untuk diversifikasi dari logam dan pertambangan menjadi minyak … jadi itu akan menjadi keputusan yang buruk lain.
Moffett sendiri telah menjadi chairman Freeport dan perusahaan pendahulunya sejak 1984, mendirikan McMoRan Oil & Gas Co pada 1969 dan memimpin merger dengan Freeport Minerals Co pada 1981.
 

Below Article Banner Area

Baca Juga

demo-ahok-4-november-ini-reaksi-nu-muhammadiyah

Demo Ahok 4 November, Ini Reaksi NU & Muhammadiyah

Nadlatul Ulama (NU) maupun Muhammadiyah mengaku tak bisa menolak aksi demo 4 November 2016, namun ...