Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / BPJS Haram Karena Akad Antar Pihak Mengandung Gharar, Maisir & Riba

BPJS Haram Karena Akad Antar Pihak Mengandung Gharar, Maisir & Riba

BPJS Haram Karena Akad Antar Para Pihak yang Mengandung Gharar, Maisir & Riba

Terkuak sudah penyebab kenapa Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dikatakan haram. Menurut fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) penyelenggaraan jaminan sosial oleh BPJS Kesehatan dikatakan haram, terutama yang terkait dengan akad antar para pihak tidak sesuai dengan prinsip syari’ah.

Seperti yang diketahui MUI telah menetapkan BPJS Kesehatan haram. MUI memberikan solusi agar pemerintah untuk membentuk BPJS yang sesuai dengan hukum syariah. Berdasarkan hasil ijtimak para ulama, MUI telah melakukan kajian mendasar mengenai BPJS Kesehatan tersebut, terutama dari perspektif ekonomi Islam dan fiqh mu’amalah.

Dalam penelitian itu, MUI menilai BPJS Kesehatan belum mencerminkan jaminan sosial dalam Islam. Secara umum program BPJS Kesehatan belum mencerminkan konsep ideal jaminan sosial dalam Islam, terlebih lagi jika dilihat dari hubungan hukum atau akad antar para pihak.

Tak hanya itu MUI juga menyorot denda administrasi sebesar 2 persen per bulan dari jumlah iuran tertunggak baik bagi penerima upah maupun bukan. Denda ini dibayarkan secara bersamaan. Dari hasil pengkajian tersebut, MUI menilai penyelenggaraan jaminan sosial oleh BPJS Kesehatan, terutama yang terkait dengan akad antar para pihak tidak sesuai dengan prinsip syari’ah.

Pasalnya pelaksanaannya mengandung unsur gharar, maisir dan riba. MUI mendorong pemerintah untuk membentuk, menyelenggarakan, dan melakukan pelayanan jaminan sosial berdasarkan prinsip syari’ah dan melakukan pelayanan prima.

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...