Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Headline / BPJS Ketenagakerjaan diprotes Masyarakat, Karena Dana JHT Baru Cair Setelah 10 Tahun jadi Anggota

BPJS Ketenagakerjaan diprotes Masyarakat, Karena Dana JHT Baru Cair Setelah 10 Tahun jadi Anggota

bpjs ketanagakerjaan Ap 44

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan mulai beroperasi penuh mulai hari ini. Di satu sisi mungkin disambut gembira karena para pekerja kini mendapatkan dana pensiun kalau ikut BPJS Ketenagakerjaan. Tapi di sisi lain, ternyata banyak yang memprotes karena adanya perubahan aturan.

Aturan apa yang diprotes?

Aturan tersebut terkait pencairan atas dana Jaminan Hari Tua (JHT) yang diperpanjang jadi minimal masa keanggotaan 10 tahun, dari sebelumnya hanya 5 tahun.

Disamping itu, JHT hanya bisa dicairkan setelah peserta memasuki usia 56 tahun. Dana JHT juga bisa diambil sebelumnya waktunya, tapi hanya 10% saja dan maksimal 30% untuk pembiayaan rumah.

Menurut Menteri Tenaga Kerja Muhammad Hanif Dhakiri mengungkapkan, aturan baru tersebut tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) yang diterbitkan oleh kementerian yang ia pimpin.

“Soal JHT yang bisa ngomong Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja Irianto Simbolon,” ujar Hanif di Jakarta, Rabu (1/7).

“Iya sekarang (JHT) 10 tahun, tapi saya belum buka-buka draft-nya. Tapi sudah diubah 10 tahun di PP yang baru,” ujarnya.

Sementara itu VP Communication Division BPJS Ketenagakerjaan Abdul Cholik menuturkan kalau aturan tersebut mengikuti PP yang keluar pada Juli 2015. Menurut Cholik, BPJS Ketenagakerjaan hanya mengikuti aturan.

Cholik memberi contoh, misalnya ada pekerja sudah jadi anggota selama 6 tahun. Nah dengan adanya aturan baru ini maka pencairan JHT baru bisa dilakukan 4 tahun lagi.

Meski ada perubahan, dijamin dananya tidak akan hilang. Itu akan tetap akan dikembangkan dalam berbagai sarana investasi, sehingga nanti dananya bahkan bertambah.

Karena aturan itu, ternyata banyak peserta BPJS Ketenagakerjaan yang kecewa sebab butuh waktu lama untuk mencairkan dana yang disetornya selama bekerja.

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...