Home / Berita / Serba - serbi / Artikel / Buang Air, Posisi Jongkok Lebih Baik Untuk Kesehatan

Buang Air, Posisi Jongkok Lebih Baik Untuk Kesehatan

Kebanyakan dari masyarakat Indonesia terutama untuk golongan yang mampu, memiliki kebiasan buang air besar dengan menggunakan closet duduk. Seorang peneliti dari Jerman pun mengatakan bahwa di negara-negara Baratpun memiliki kebiasaan buat air besar dengan closet duduk.

Seorang ahli mikrobiologi Jerman, Giulia Enders dalam bukunya tertulis sejumlah masalah kesehatan usus, sembelit hingga bakteri. Diapun menuliskan bagaimana buang air besar yang benar.

Buang air besar dengan posisi duduk , ternyata salah dan menyulitkan prosesnya. Hal tersebut bisa menimbulkan hemoroid (wasir) , penyakit usus yang menyakitkan seperti divertikulitis lebih umum di Barat daripada di Asia.
Sekitar 1,2 miliar orang diseluruh dunia yang memiliki budaya buang air besar dengan jongkok , hampir tidak memilik insiden diverticulitis dan masalah dengan kotoran lainnya.

Posisi jongkok adalah cara yang benar dan  jika hanya menemukan toilet duduk dan tidak di perbolehkan untuk naik ke atas closet maka bisa dengan menggunakan bangku kecil untuk meletakkan kaki saat duduk (untuk mendekatkan tungkai kaki ke torso) dan menjorokkan tubuh ke depan bisa membantu memperlancar buang air besar.

Posisi jongkok adalah cara yang lebih efektif untuk mengeluarkan kotoran dalam perut, daripada dengan posisi duduk.
Saat berdiri atau duduk otot yang mengelilingi ujung kolon (anus) tertarik sehingga bisa menyumbat saluran kolon dan dengan berjongkok akan mengurangi tekanan yang menahan kotoran di dalam usus.

Baca Juga

Penyebab Meriang Disertai Nyeri Otot dan Saran Dokter Jika Mengalaminya

Pilih Kategori penyakitKepalaDarahMataGigiPerilaku, Emosi, KejiwaanInfeksi, Bakteri, VirusOtakMulut, LidahRahang, Tulang, Sendi, OtotLeher, TenggorokanTelingaHidungBahu, Punggung, BokongDada, Jantung, ...