Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Ibu Kota / Budayawan Betawi Cerita Asal Mula Munculnya Prostitusi di Kalijodo

Budayawan Betawi Cerita Asal Mula Munculnya Prostitusi di Kalijodo

“Muncul WTS, terus berkembang, sampai ada unit RT-nya, unit RW-nya, listrik sendiri dia masuk, prostitusinya terus berjalan. Walaupun kali di sana sudah tidak sejernih tahun 1958, sudah sangat kotor” ungkap Budayawan Betawi, Ridwan Saidi.

Budayawan Betawi Cerita Asal Mula Munculnya Prostitusi di Kalijodo

Budayawan Betawi, Ridwan Saidi menceritakan asal mula munculnya prostitusi di Kalijodo. Sebenarnya kebiasaan yang dulu sering dilakukan di Kalijodo yakni perayaan peh cun dan pesta air, dilarang pada masa kepemimpinan Wali Kota Jakarta Sudiro.

“Pesta itu berakhir tanpa keterangan yang jelas waktu Wali Kota Sudiro, tahun 1958 melarang. Cap go meh dilarang, peh cun dilarang. Kita juga enggak mengerti, sampai hari ini kenapa dilarang” ungkap Ridwan Saidi, Jumat (12/2/2016).

Menurut Ridwan saat itu Sudiro melarang perayaan peh cun tanpa alasan yang jelas. Adapun pelarangan perayaan peh cun itu tertuang dalam sebuah Surat Keputusan. Tidak hanya Ridwan juga, banyak warga Jakarta yang saat itu menyayangkan larangan tersebut.

Setelah perayaan peh cun dilarang, pada tahun 1960 ke atas terjadi urbanisasi besar-besaran. Orang dari berbagai daerah datang ke Jakarta untuk mencari pekerjaan. Barulah pada tahun 1963, muncul wanita tuna susila (WTS) dan mulai banyak yang tinggal di sana.

“Muncul WTS, terus berkembang, sampai ada unit RT-nya, unit RW-nya, listrik sendiri dia masuk, prostitusinya terus berjalan. Walaupun kali di sana sudah tidak sejernih tahun 1958, sudah sangat kotor” tambah Ridwan, seperti yang dilansir Kompas.

Praktik prostitusi dan perjudian di Kalijodo terus berlangsung sampai saat ini. Wacana untuk menertibkan Kalijodo kembali diangkat ke permukaan. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya juga sepakat untuk turun tangan saat penertiban nanti.

Below Article Banner Area

Baca Juga

ahok-sindir-anies-baswedan-soal-kip

Ahok Sindir Anies Baswedan Soal KIP

“Intinya warga dididik untuk menerima hak dan ngerti keadilan buat yang lain” ungkap Ahok. Seperti ...