Home / Berita / Nasional / Budi Waseso Tak Akan Dicopot Badrodin Haiti, Meski Banyak Kritikan!

Budi Waseso Tak Akan Dicopot Badrodin Haiti, Meski Banyak Kritikan!

Badrodin Haiti Tak Akan Copot Budi Waseso, Meski Banyak Kritikan

Posisi Komjen Budi Waseso sebagai Kepala Bareskrim Polri, sepertinya aman. Pasalnya Kepala Polri Jenderal (Pol), Badrodin Haiti menegaskan jika Budi Waseso tidak akan dicopot dari jabatannya meski banyak kritikan dari masyarakat.

Seperti yang diketahui jika manuver Budi Waseso sering menimbulkan kontroversi, salah satunya ketika menjerat dua komisioner Komisi Yudisial yakni Suparman Marzuki dan Taufiqurrahman Syahuri. Belum lama ini Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Syafii Maarif memberikan komentarnya atas dugaan kriminalisasi terhadap penegak hukum.

“Kok mudah sekali menjadikan tersangka. Saya berharap bangsa ini jangan dipimpin oleh orang yang tidak keru-keruan ini” ungkap Syafii Maarif di Gedung KPK, Senin (13/7/2015).

Syafii Maarif menambahkan jika Polri harus melakukan reformasi dengan mengganti orang-orang yang terlihat ingin melemahkan instansi penegak hukum lainnya. Dirinya juga berpendapat seharusnya Jokowi memerintahkan Kapolri untuk segera mengganti oknum-oknum tersebut.

“Ada aparat yang jelas-jelas melukai publik dan melukai hukum. Kenapa sulit amat perintahkan Pak Haiti mengganti?” tegas Syafii Maarif.

Selain itu sempat muncul pula petisi untuk Presiden berjudul “Copot Kabareskrim Budi Waseso” di situs change.org. Petisi itu dibuat Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah, Danhil Anzar Simanjuntak dan Direktur Eksekutif Lingkar Madani Indonesia Ray Rangkuti. Mereka menilai gerakan antikorupsi tengah dilemahkan sejak Budi Waseso dilantik menjabat sebagai Kabareskrim Polri.

Menanggapi situasi ini Kepala Polri Jenderal (Pol), Badrodin Haiti menegaskan bahwa dirinya tak akan menuruti desakan sejumlah pihak untuk mencopot Komjen Budi Waseso sebagai Kepala Bareskrim Polri. Badrodin tak memiliki alasan mencopotnya.

“Tidaklah, yang dilakukan Buwas itu memang pekerjaannya polisi” ungkap Badrodin, Jumat (17/7/2015).

Badrodin juga mengatakan jika Budi Waseso justru telah bekerja dengan baik. Budi Waseso dianggap telah menaati prosedur hukum yang berlaku mulai dari menerima laporan, mengumpulkan barang bukti serta keterangan saksi, memanggil ahli hingga berujung pada penetapan tersangka.

“Misalnya yang dilaporkan itu pejabat tinggi negara, apa enggak boleh polisi menyelidiki? Polisi itu mau gelandangan kek, pejabat kek, ya harus tetap ditindaklanjuti” pungkas Badrodin Haiti.

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...