Home / Berita / Serba - serbi / Artikel / Buka Munas dan Konbes PBNU, Ma’ruf Amin: Mari Perkuat Landasan Islam

Buka Munas dan Konbes PBNU, Ma’ruf Amin: Mari Perkuat Landasan Islam






Jakarta – Rais Aam PBNU KH Ma’ruf Amin menghadiri acara launching Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama dan Konferensi Besar (Konbes) Nahdlatul Ulama PBNU. Ma’ruf berpesan agar PBNU selalu memperkuat landasan keislaman sebagai organisasi Islam.

Launching ini untuk Munas dan Konbes begitu penting karena saat ini kita sedang berada di akhir daripada seratus tahun pertama NU. Artinya, kita mempersiapkan diri dalam rangka memasuki seratus tahun kedua. Kita menjelang take off harus memperkuat landasan. Kita harapkan NU akan take off dengan kekuatan yang penuh, bahasanya full speed,” kata Ma’ruf di kantor PBNU, Jalan Kramat Raya Nomor 164, Senen, Jakarta Pusat, Jumat (22/9/2017).

Dia mengatakan PBNU harus menyiapkan generasi penerus karena PBNU mempunyai tugas serta tanggung jawab keislaman sebagai organisasi Islam. Selain itu, Ma’ruf menambahkan, NU turut mempunyai tanggung jawab kebangsaan sebagai salah satu pendiri bangsa Indonesia.

“NU itu tidak hanya berorientasi nasional dari gambar NU itu, NU itu melintasi dunia. Jadi tugas keislaman kebangsaan dan kemanusiaan jadi tanggung jawab NU. Dan bagi NU, ketiga ini tidak boleh bertabrakan, harus sinergis, tidak boleh ada benturan,” jelasnya.

Walau Indonesia memiliki kemajemukan tinggi serta memiliki berbagai ras agama, kemampuan para pemimpin mengelola perbedaan itu patut diapresiasi. Kendati demikian, bukan berarti tidak ada tantangan dan tidak ada hambatan persoalan yang akan dihadapi.

“Bisa kita indikasikan persoalan yang menyangkut konflik sosial karena adanya kelompok radikal, mengubah dengan kekerasan, ada juga kelompok intoleran, ini sangat berbahaya. Jangankan dirinya sendiri, agama Islam saja ada yang menganggap selain dia sudah sesat, NU itu dianggapnya sudah kafir,” tutur Ma’ruf.

Ma’ruf mengatakan, dalam Munas akan dibahas berbagai hal, di antaranya menyangkut radikalisme dan pemberdayaan ekonomi. “Kita berada dalam apa yang saya sebut arus baru ekonomi Indonesia,” imbuhnya.

(cim/rjo)


Source link

Baca Juga

Mitos Jalan Karanggetas Cirebon Peruntuh Pejabat Angkuh

Cirebon – Keberadaan Jalan Karanggetas menjadi urban legend di Kota Cirebon, Jawa Barat. Konon, Jalan ...