Home / Berita / Nasional / Bulog Lansir Stok Beras Jelang Lebaran Aman Terkendali

Bulog Lansir Stok Beras Jelang Lebaran Aman Terkendali

Stok Beras Jelang Lebaran
Stok Beras 9okezone.com)
Badan Urusan Logistik atau Bulog melansir bahwa stok beras jelang puasa dan lebaran ini masih aman terkendali. Bulog menghimbau agar masyarakat tidak khawatir dengan stok beras khususnya menjaleng puasa dan hari raya ini. Ini dikarenakan stok beras di Bulog sekarang capai 2,6 juta ton dan disinyalir akan terus bertambah seiring dengan swasembada yang terjadi di beberapa daerah. Dengan 2,6 juta ton beras, Bulog meminta masyarakat tidak perlu merisaukan isu kenaikan harga bahan pokok ini terutama jelang puasa dan hari raya. Menteri pertanian Suswono juga mayakinkan bahwa stok beras masih melimpah ruah ditambah di beberapa daerah lumbung padi masih dalam proses panen. Ini akan menjadi cadangan stok beras hingga lebaran bahkan akhir tahun mendatang.

Sebagaimana kita tahu biasanya menjelang lebarang harga kebutuhan pokok seprti beras ikut melambung naik. Namun dengan stok beras yang melimpah ruah itu, menteri pertanian Suswono menjamin tidak akan ada kenaikan yang signifikan pada harga beras dipasaran. Pekan ini, atau satu bulan jelang puasa, harga beras di beberapa pasar di Indonesia memang masih stabil dan terkendali. Di pasar tradisional Cipete misalnya, harga beras cenderung stabil di kisaran harga Rp.8500- Rp.12.000 per Kg. Fakta ini menunjukkan bahwa tidak ada kenaikan harga beras yang berarti setidaknya sejak satu bulan yang lalu. Meski cadangan beras di Bulog capai 2,6 juta ton, namun Mentan mengatakan pemerintah masih berencana melakukan impor beras sebanyak 690 ribu ton lagi. Selain untuk berjaga-jaga menghadapi  lonjakan harga jelang puasa dan hari raya, tambahan impor ini juga sebagai tambahan atas kuota jatah raskin tahun ini. Ini dikarenakan pemerintah berencana mengubah tambahan raskin yangs semula 12 bulan menjadi 15 bulan.  Meski begitu, Siswono meyakinkan bahwa cadangan beras nasional tidak akan bergantung pada beras impor ini.

Pernyataan Mentan bahwa cadangan beras masih aman hinga puasa dan lebaran juga diperkuat oleh staf khusus Menteri Pertanian Bidang Efisiensi Pembangunan Pertanian , Hasim Danuri. Danuri menambhakan selain stok beras yang masih melimpah, masyarakat juga diprediksi masih memiliki cadangan beras pribadi. Cadangan beras pribadi, swasembada daerah lumbung dan stok beras di Bulog setidaknya bisa membuat masyarakat tenang dan lega mengantisipasi stok beras jelang lebaran dan hari raya ini.

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...