Home / Berita / Dunia / California Izinkan Warganya Bunuh Diri, Asal…

California Izinkan Warganya Bunuh Diri, Asal…

ilustrasi bunuh diri

Baru-baru ini Gubernur California Jerry Brown telah menandatangani undang-undang dimana melegalkan seseorang untuk melakukan bunuh diri. Asal dengan syarat, ia harus menderita sakit yang cukup parah dan menurut dokter, usianya tak akan lebih dari enam bulan lagi serta sehat secara mental.

Undang-undang itu, yang juga diberlakukan di Negara Bagian Oregon, membolehkan dokter memberikan resep untuk mengakhiri hidup pasien.

California merupakan Negara Bagian kelima Amerika Serikat yang membolehkan dokter mengakhiri hidup pasien penderita sakit parah.

Meski ditentang keras oleh agamawan, tapi Brown yang merupakan mantan warga seminari Katolik Roma, mengakui sudah mempertimbangkan keputusan itu matang-matang.

“Saya tidak tahu apa yang akan saya lakukan jika saya sudah sekarat dalam waktu lama dan rasa sakit tidak tertahankan,” kata Brown.

Bagi saya, lanjutnya, tentu akan lebih nyaman jika bisa mempertimbangkan pilihan (bunuh diri) yang ditawarkan undang-undang tersebut. Dan saya tidak akan menghalangi hak orang lain untuk melakukan hal itu.

Undang-undang itu sendiri akan berlaku mulai 1 Januari 2016 mendatang.

Sementara itu pengacara para dokter yang membantu pasien melakukan bunuh diri selama puluhan tahun berusaha membujuk pemerintah California agar melegalkan praktek itu sebagai cara agar pasien kanker parah dan pasien lain agar meninggal tanpa rasa sakit dan menderita.

Namun usaha itu sudah enam kali gagal di tingkat legislasi atau saat pemungutan suara, sebelum akhirnya disetujui bulan lalu.

 

 

 

 

 

Baca Juga

Kalau Ada Kepentingan Itu Biasa

Jakarta – TNI AD dan sejumlah partai politik seperti PKS dan PAN akan menggelar nonton ...