Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Capim KPK Mantan Kepala LKPP ini Mengaku hanya Punya Uang Rp 20 juta, Anda Percaya?

Capim KPK Mantan Kepala LKPP ini Mengaku hanya Punya Uang Rp 20 juta, Anda Percaya?

Agus Rahardjo
Agus Rahardjo

Ada banyak kisah menarik dalam proses wawancara terbuka terhadap calon pimpinan (capim) KPK yang berlangsung hari ini di Gedung Sekretariat Negara, Jakarta Pusat (24/8/20). Salah satunya wawancara terhadap  Bekas Kepala Lembaga   Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP) Agus Rahadjo.

Awalnya  Agus dicecar dengan pertanyaan soal harta kekayaan yang sumbernya tidak jelas.  Hal ini dilakukan lantaran Pansel Capim KPK menerima laporan dari masyarakat bahwa harta kekayaan Agus mencurigakan.

Agus pun membantah pernyataan tersebut. Dia malah hanya mengaku hanya punya uang tunai senilai Rp 20 juta di empat rekening bank. “Dari empat rekening saya, total hanya Rp 20 juta, saya berharap PPATK bisa menelusuri,” kata Agus menjawab pertanyaan anggota Pansel.

Agus lalu mengakui bahwa dirinya punya satu kavling tanah di kawasan BSD, Tangerang Selatan. Tanah tersebut ia beli sekitar tahun 1997 dengan harga sekitar Rp 170 juta dan dibayar dengan cara diangsur. Dia juga memiliki sebidang tanah di daerah Cariu, Jawa Barat dengan luas 1.000 meter persegi. Dia membeli tanah itu pada tahun 2003 dengan harga Rp 3.500 permeter persegi.

“Hari ini (harganya) baru Rp 12.000 permeter persegi. Itu tanah yang enggak subur, saya menanam sering mati karena waktu kekeringan enggak ada air,” ujar jelas Agus mengenai tanahnya di Cariu itu.

Agus tidak membantah pernah menerima uang bernilai ribuan euro saat masih menjabat sebagai kepala LKPP. Tapi dia klaim uang itu merupakan honor untuk jadi pembicara dalam acara yang digelar sebuah organisasi di Eropa. Dia mengaku dapat honor UER 6 ribu setiap jadi pembicara.

“Saya berharap PPATK bisa menelusuri, 1997-2005, saya sering diundang lembaga di Paris, delapan kali saya diundang,” ucapnya.

Lebih lanjut kepada Pansel Capim KPK mengaku bahwa kini hidupnya sekarang sangat sederhana. Bahkan untuk menggelar pesta pernikahan anaknya harus meminjam uang ke Bank. Tapi ketika tim pansel menanyatakan, sebagai pejabat negara,  apakah ia sudah melaporkan harga kekayaanya sebagai LHKPN?

Agus mulai gugup. Akhirnya ia mengatakan memang dirinya belum melaporkan LHKPN terbaru ke KPK. Dirinya berjanji segera melaporkan yang terbaru bila terpilih menjadi pimpinan KPK. “Mudah-mudahan nanti kalau ada keputusan, saya akan laporkan,” kata Agus.

Tim Pansel juga mengkonfirmasi kepemilikan mobil Honda CRV, Mitsubishi dan Avanza. Pasalnya mobil-mobil itu sebelumnya tidak tercantum dalam LHKPN yang dilaporkan oleh Agus saat mendaftar sebagai capim KPK.

Kemudian ia mengaku kalau mobil-mobil itu dibelinya bekas. Ia pun ternyata punya tiga truk untuk angkut sayur di Magetan. – ant/jpn/tri

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...