Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Serba - serbi / Artikel / Cara Benar Konsumsi Garam agar Iodium Tidak Hilang

Cara Benar Konsumsi Garam agar Iodium Tidak Hilang

Garam sangat dibutuhkan bagi tubuh kita, karena garam merupakan sumber iodium atau yodium. Jika kekurangan iodium maka tubuh kita akan kekurangan hormon tiroid yang bisa menyebabkan gondok dan jika terjadi pada bayi bisa menyebabkan keterbelakangan mental atau hipotiroid kongenital.

Kadang kita merasa sudah mengonsumsi banyak garam dalam makanan yang kita makan, namun ternyata kita masih kekurangan iodium yang terkandung dalam garam. Mengapa kebutuhan iodium dalam tubuh kita tetap kurang walau kita sudah banyak garam yang kita konsumsi.

Kandungan iodium yang terdapat dalam garam ternyata akan hilang ketika dimasak. Dalam suhu panas kandungan iodium pada garamnya terurai dan hilang. Agar kandungan iodium dalam garam tidak hilang sebaiknya tidak dicampurkan saat proses memasak melainkan ditambahkan ketika makan. Tidak perlu banyak, karena jika kelebihan justru menyebabkan tubuh kelebihan hormon tiroid dan juga bisa menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi yang memicu penyakit stroke dan jantung.

Kebutuhan iodium sesungguhnya hanya 150 mikrogram per hari untuk orang dewasa. Dan iodium juga sangat dibutuhkan ibu hamil sebanyak 200 mikrogram per hari untuk mencegah melahirkan anak yang memiliki hipotiroid kongenital. Iodium juga bisa didapat dari makanan laut seperti ikan.

Below Article Banner Area

Baca Juga

BBM dan SMS Kata-Kata Mutiara Ucapan Selamat Tahun Baru Islam 2015 1 Muharram 1437 H

Besok umat islam akan merayakan tahun baru Hijriyah dimana 1 Muharram 1437H jatuh pada hari ...