Home / Tekno / Cara Menggunakan BBM di Android

Cara Menggunakan BBM di Android

BBM AndroidBlackBerry telah merilis salah satu aplikasi pesan instan andalanya BlackBerry Messenger (BBM), BBM di Android sendiri dapar di unduh di Google Play.

Sebelumnya memang pengguna harus mengantre dahalu sebelum menggunakan BBM, tapi jika pengguna yang sudah mendapatkan BlackBerry ID bisa langsung menggunakan aplikasi pesan instan ini. Jika belum mendapatkan BlackBerry ID pengguna bisa mendaftar di situs resmi BBM atau melalui aplikasinya secara langsung. Untuk informasi BlackBerry ID silahkan kunjugin tautan berikut.

Tampilan BBM di Android
bbm-android-1
Di bagian paling bawah, terdapat lima buah tombol, yang terdiri dari “Chat”, “Contact”, dan “Group”. Dua tombol di paling kanan dan kiri digunakan untuk membuka menu tambahan.

Apabila pengguna menekan tombol “Chat”, maka akan tampil sejarah percakapan yang telah terjadi. Jika tombol “Contact” ditekan, maka aplikasi ini akan menampilkan daftar kontak. Adapun tombol “Group” akan menampilkan daftar grup tempat Anda bergabung.

Apabila tombol paling kiri ditekan atau pengguna menggeser layar ke arah kanan, maka akan keluar menu bar baru. Menu ini terdiri dari chat apa saja yang sedang aktif, “Contacts”, “Groups”, “Update” dari kontak BBM, dan undangan yang diterima atau dikirimkan untuk menambah teman ke daftar kontak.

Sementara itu, tombol paling kanan akan membawa pengguna ke menu bar lain, yang terdiri dari “Help”, “Setting”, mengundang teman ke BBM, chat bersama dengan beberapa orang sekaligus dalam satu jendela, mengirim broadcast message, dan memulai chat.

Chatting
bbm-android-2
Untuk chatting, Anda cukup memilih teman yang ingin diajak mengobrol melalui daftar kontak atau memilih tombol memulai chat yang berada di menu bar paling kanan.

Ada lima tombol yang disediakan oleh BlackBerry di layar chatting ini, yaitu kembali, mengundang pengguna lain untuk bergabung dalam percakapan, melampirkan file, kirim, dan menu bar tambahan.

Pengguna bisa memasukkan pesan mereka di sebuah kotak yang bertuliskan “Enter a Message”. Untuk mengirimkannya, langsung saja tekan tombol “Send” yang berada di deretan menu bawah.

Apabila pesan berhasil dikirim, maka akan ada ikon bertuliskan huruf D (delivered). Jika sudah dibaca, ikon tersebut akan berubah menjadi huruf R (read).

Di sebelah kotak memasukkan pesan, ada menu smiley atau emoticon. Menu ini berbentuk emoticon wajah tersenyum berwarna kuning. Dengan menekan tombol tersebut, pengguna akan dihadapkan dengan berbagai emoticon berciri khas BBM.

Apabila menekan tombol menu bar, yang terletak di pojok kanan bawah, maka ada beberapa pilihan menu baru, seperti menambah orang ke percakapan, lampiran file, kirim, Ping, menyalin perbincangan, dan mengakhiri perbincangan.

bbm-android-3

Selain itu, BlackBerry juga membawa ringtone khas BBM ke perangkat Android ini. Ringtone tersebut dapat diatur melalui menu “Setting” yang ada di menu bar paling kanan. Melalui layar “Setting” ini pun, pengguna bisa mengatur lampu notifikasi. Apabila ada pesan masuk, maka lampu LED akan menyala. Ada beberapa pilihan warna yang bisa dipilih, yakni merah, putih, kuning, hijau, biru, dan lain-lain.

Di bagian ini pun, Anda bisa mematikan ikon BBM yang biasanya selalu akan muncul di bagian notifikasi atau di bagian kiri atas layar.

Mengundang teman baru ke daftar kontak dapat dilakukan tidak hanya melalui PIN saja. Kini pengguna bisa melakukannya dengan menggunakan barcode, e-mail, SMS, dan NFC

Baca Juga

Asep Sunandar Terpilih Jadi Google Doodle Hari Ini

  Kalau anda membuka mesin pencari Google hari ini, Sabtu (3/9), bakal menemukan dua tokoh ...