Home / Gaya Hidup / Kecantikan / Cara Praktis Mengatasi Insomnia Tanpa Obat

Cara Praktis Mengatasi Insomnia Tanpa Obat

insomnia

Sebagian orang merasakan cukup sulit untuk tidur malam. Karena berbagai sebab, mereka mengalami insomnia. Efeknya  keesokan hari badan menjadi terasa letih, tidak bersemangat, sampai kurang mampu berkonsentrasi. Insomnia adalah sebuah penyakit yang cukup membahayakan jika tidak ditangani. Bahkan, kurang tidur sering dikaitkan dengan masalah yang menyerang kardiovaskular.

Mengatasi insomnia bisa dilakukan mudah. Dikutip dari Fitsugar, ada tiga saran yang bisa dilakukan tanpa harus makan obat tidur dari bahan-bahan kimiawi buatan:

  1. Atur tempat tidur dan suasana ruangan terasa nyaman.  Matikan semua perangkat elektronik termasuk komputer dan televisi. Pada televisi, misalnya, pendaran sinar dari tabungnya membuat mata akan terjaga. Jauhkan pula interaksi dengan perangkat elektronik apapun minimal 30 menit sebelum pergi ke tempat tidur. Selain itu, usahakan suhu kamar dalam posisi sejuk dan jauhkan dari suasana bising. Dan, atur lampu dalam posisi redup atau bahkan tanpa cahaya. Keadaan yang minim cahaya membuat hormon melatonin dalam tubuh segera bekerja.
  2. Lakukan terapi pernapasan. Ini berguna untuk menenangkan saraf otak sehingga merasa rileks. Udara yang terhirup dalam napas membawa sejumlah oksigen yang nantinya diedarkan salah satunya ke kepala. Pikiran menjadi sangat tenang. Metode terapi pernapasan bisa memakai teknik “4-7-8”. Caranya, buang seluruh napas melalui mulut lalu ambil napas dengan hidung sampai hitungan keempat. Tahan napas selama 7 hitungan dan lanjutkan dengan membuang napas lewat mulut hingga hitungan ke-8. Ulangi hingga emapat kali.
  3. Mengonsumsi makanan untuk merangsang tidur lebih baik. Ada dua makanan yang bisa dipilih untuk tujuan ini, yaitu pisang dan kangkung. Buah pisang memiliki asam amino yang merangsang pembentukan hormon serotonin. Hormon ini bekerja  untuk membantu menenangkan pikiran dan memberikan suasana hati lebih baik. Sayur kangkung  juga merangsang pikiran menjadi lebih tenang. Dalam kondisi pikiran tenang akan mempermudah seseorang untuk terlelap.

Baca Juga

Jangan Belanja Saat Perut Kosong

Jika Anda berbelanja di supermarket dalam keadaan lapar, kemungkinan besar Anda justru akan membeli banyak ...