Home / Bisnis / Artikel / Cek Saldo di ATM BCA Bakal Dikenakan Biaya..!

Cek Saldo di ATM BCA Bakal Dikenakan Biaya..!

atm

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berencana akan kenakan biaya atas transaksi cek saldo di seluruh mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) BCA. Bukan itu saja, BCA juga bakal mengenakan biaya kalau penarikan uang tunai dari ATM.

Menurut Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja, bahwa hal ini terpaksa dilakukan karena tingginya biaya operasional setiap mesin ATM yang dioperasikan perusahaannya. Ia mencatat, setiap kali seorang nasabah melakukan transaksi melalui ATM maka BCA harus menanggung biaya sekitar Rp2 ribu-Rp2.500 di luar biaya pengoperasian mesin.

“Biaya operasional satu mesin ATM bisa lebih dari Rp144 juta per tahun. Itu termasuk biaya pemeliharaan mesin, kertas, AC, listrik, asuransi dan lain-lain,” kata Jahja di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Terkait pengecekan saldo, perusahaan akan menentukan jumlah frekuensi pengecekan saldo yang dibebaskan dari biaya. Jika melebihi jumlah yang telah ditetapkan dalam periode tertentu, maka nasabah akan dikenakan biaya.

“Kita masih hitung berapa biayanya. Kita batasi lihat saldo secara gratis, misalnya 10-20 kali tergantung kebutuhan yang layak. Lebih dari itu kena biaya tapi tidak mahal, sekitar Rp 1.000,” jelasnya.

Ditegaskan pula, perusahaan akan melakukan kajian mendalam atas rencana pungutan biaya cek saldo tersebut. Sehingga dipastikan Jahja, realisasinya tidak akan berlangsung dalam waktu cepat mengingat perlu ada sosialisasi jika benar-benar ingin menerapkannya.

“Waktunya kapan, tidak dalam waktu cepat. Pasti disosialisasi dulu,” paparnya.

Dengan menerapkan kebijakan itu, Jahja berharap nasabah BCA bisa beralih memanfaatkan fasilitas SMS, mobile, dan internet banking yang belum dikenakan biaya.

Baca Juga

Periode I Tax Amnesty Berakhir hari ini, Dirjen Pajak: Kita akan Layani Sampai Selesai

Periode I program Pengampunan Pajak atau Tax Amnesty bakal berakhir hari Jumat (30/9) ini. Untuk ...