Home / Berita / Serba - serbi / Artikel / Cek Usia Telur, Sebelum dikonsumsi !

Cek Usia Telur, Sebelum dikonsumsi !

Banyak dari kita suka mengonsumsi telur, bahkan hampir semua ibu rumah tangga menyimpan telur  untuk persediaan di rumahnya. Hal tersebut disebabkan karena dengan adanya persediaan telur di rumah memudahkan sang ibu untuk menyiapkan makanan bagi keluarganya sewaktu-waktu.

Namun banyak dari kita terutama kaum ibu yang tidak tahu sudah berapa lama atau berapa usia telur itu, sehingga terkadang baru dibeli beberapa hari saja sudah membusuk dan tidak layak konsumsi.

Ada beberapa cara untuk mengetahui beberapa usia telur yang sudah kita beli, diantaranya:

1.Rendam telur dalam wadah yang berisi air, usahakan dalam air yang cukup banyak. Telur yang masih segar dan berusia kurang dari satu minggu akan tenggelam dan tetap pada posisinya. Telur ini masih bagus kualitasnya.

2.Jika telur yang dimasukkan dalam wadah air itu tenggelam namun ada sedikit gerakan memantul-mantul pada dasar wadah air menandakan usia lebih lama atau sekitar satu minggu dan masih baik dan layak konsumsi.

3.Jika telur yang dimasukkan dalam wadah air, posisinya berdiri dengan ujung yang lebih lebar ada di bagian atas air, usia telur tersebut mendekati tiga minggu, masih aman namun kualitasnya sudah menurun.

4. Yang paling buruk adalah jika telur yang dimasukkan dalam wadah air, telur tersebut tidak tenggelam atau terapung di permukaan air, itu menandakan usia telur tersebut sudah mendekati satu bulan dan sudah tidak layak untuk dikonsumsi.

Berdasarkan uraian di atas, kiranya kita terutama para ibu rumah tangga untuk memastikan berapa usia telur sebelum mengonsumsinya.

Baca Juga

Setahun Terakhir Permintaan dari Tanah Abang Turun

Jakarta – Abdul Wahid, pemasok sweater ke Pasar Tanah Abang, mengeluh permintaan turun. Biasanya, Abdul ...