Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Cerita dibalik Pernikahan Gibran-Selvi

Cerita dibalik Pernikahan Gibran-Selvi

50.gibran-selvi-tak-bersalaman-dengan-tamu-undangan-azBs9XtAqX

Gibran Rakabuming Raka sudah resmi menjadi suami dari Selvi Ananda. Pasangan ini pagi hari tadi telah melangsungkan pernikahannya.

Ijab Kabul diucapkan Gibran dengan lancar. “Saya Gibran Rakabuming bin Ir H Joko Widodo. Saya terima nikahnya dan jodohnya Selvi Ananda Putri binti Didit Supriadi untuk saya dengan emas kawin telah saya bayar tunai,” ucap Gibran Rakabuming Raka saat prosesi akad nikah di Gedung Graha Buana, Solo, Kamis (11/6).

Seusai acara prosesi akad ikad, Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Widodo keluar sebentar untuk menemui wartawan. Pada kesempatan itu, Jokowi mengungkapkan kalau akad berlangsung dengan lancar.

Tampak Jokowi mengenakan beskap adat khas Jawa, sedangkan Iriana mengenakan kebaya warna peach. Hadir juga kedua mempelai Gibran dan Selvi yang mengenakan pakaian berwarna putih.

“Akad nikah anak saya Gibran dan Selvi Ananda alhamdulillah lancar,” kata Jokowi sambil tersenyum.

Tak lupa, Jokowi meminta doa restu seluruh rakyat Indonesia atas pernikahan anaknya itu.

“Minta doa restu seluruh rakyat Indonesia. Sekali lagi saya dan keluarga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya,” ucapnya.

Sejumlah hal terkait pernikahan Gibran – Selvi hari ini, coba dirangkum. Berikut rangkumannya :

Busana Pengantin Serba Putih
Gibran Rakabuming dan Selvi Ananda terlihat serasi mengenakan busana khas Jawa warna putih di acara akad nikah. Keduanya memakai busana bernuansa putih rancangan Tuty Adib. Gibran tampil dengan kain batik sogan dipadu jas putih dan dasi kupu-kupu. Gibran juga melengkapi penampilannya dengan blangkon serta kalung dari melati. Sementara Selvi Ananda, tampil dengan kebaya putih yang dipadu dengan batik sogan.

Naik Kereta Kencana
Menuju tempat akad nikah di Gedung Graha Saba Buana, Solo, Selvi Ananda tampil cantik naik kereta kencana. Sambil tersenyum, Selvi sesekali melempar senyum merekah menyambut hari bahagianya.

Saksi, Wali Nikah dan Penghulu
Kalau biasanya orang terkenal, publik figur menikah maka yang akan menjadi saksi juga orang terkenal. Tapi Presiden Joko Widodo justru menunjuk Ketua RT di rumahnya untuk menjadi saksi pernikahan anaknya, yakni bernama Ahmad Yani. Pria ini merupakan Ketua RT 08 di RW 07, Desa Sumber, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah. Alasan penunjukan Pak RT Yani sebagai saksi pernikahannya karena dianggap sudah kenal dan mengetahui keluarga Jokowi.

Sementara itu Ayah Selvi, Didit Supriyadi tak menjadi wali dalam pernikahan putrinya dengan putra Jokowi Gibran. Wali nikah yang mewakili Didit dan menikahkan Selvi dengan Gibran yakni pamannya.

Ayahanda Selvi, Didit duduk di belakang mempelai dan memperhatikan saat prosesi ijab Kabul.
Ayah Selvi beragama non muslim. Sedang Selvi, beberapa waktu lalu dikonfirmasi pihak KUA beragama Islam berdasarkan data KTP.

Sedangkan yang bertindak sebagai penghulu adalah Mukhtaroji yang juga Kepala KUA Banjarsari.

Tembang Setyo Tuhu
Setelah akad nikah, pasangan Gibran-Selvi melakukan sungkem kepada kedua orang tua. Dimulai dengan sungkem kepada orang tua mempelai wanita Didit Supriyadi-Sri Partini. Sungkeman kemudian dilanjutkan ke orangtua Gibran, Joko Widodo-Iriana. Acara sungkeman diiringi lantunan gending ‘Setyo Tuhu’ yang bermakna kesetiaan. Lagu ‘Setyo Tuhu’ juga bermakna doa, dengan harapan agar pasangan Gibran-Selvi langgeng selamanya.

Tokoh-tokoh yang hadir
Banyak tokoh yang datang ke pernikahan Gibran- Selvi. Terlihat mantan Presiden kelima RI Megawati Soekarno Putri, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti, Wakil Kepala Polri Komjen Budi Gunawan, Plt Gubernur Banten Rano Karno, Ketum NasDem Surya Paloh, Kepala Staf Kepresidenan Luhut Panjaitan, Kepala BNP2TKI Nusron Wahid, Mensesneg Pratikno, dan Menteri KKP Susi Pudjiastuti.

Resepsi Pernikahan
Gibran dan Selvi akan menggelar sebanyak dua kali resepsi pernikahan, yaitu, pada pagi hari pukul 10.00-13.00 WIB yang akan dibagi menjadi tiga sesi. Sedangkan resepsi pernikahan yang kedua yaitu pukul 18.00-21.00 WIB yang dibagi menjadi dua sesi.

Tersedia Becak
Para tamu undangan yang akan menghadiri resepsi pernikahan Gibran – Selvi tidak diperkenankan menggunakan kendaraan pribadi mendekati lokasi acara. Para tamu diarahkan parkir di lapangan Banyuanyar yang berjarak sekitar 1 kilometer dari lokasi perhelatan. Selanjutnya dibawa ke lokasi acara menggunakan becak yang telah disediakan.

Demikian pula ketika pulang dari lokasi, becak siap mengantar. Pemkot Surakarta sendiri menyediakan sebanyak 200 becak.

Menu Tradisional
Dalam resepsi pernikahan Gibran Rahabuming-Selvi Ananda akan disajikan menu-menu tradisional khas Solo, seperti nasi liwet solo, tengkleng, selat solo, kue serabi, sosis basah daging sapi, prol kopyor, kambing guling, timlo, dan garangasem. Disamping itu, akan ada 3.200 potong Martabak Kota Barat (Markobar) delapan rasa dan 16 rasa. Namun, untuk Makobar 16 rasa hanya akan dipajang di meja display di lokasi pernikahan. Sedangkan Markobar delapan rasa yang akan disuguhkan, yaitu martabak yang memiliki rasa ceres, kacang cokelat, keju kacang cokelat, delfi, oreo, silverqueen, cadburry, toblerone, kit kat, dan nutella. Sedangkan delapan rasa yang merupakan produk baru, yaitu rasa green tea, timtam redvelvet, ovomaltine, tobleron hitam, tobleron putih, oreo, van houten, dan ritter sport. Markobar sendiri merupakan nama kafe Gibran yang berlokasi di Kota Barat, Solo.

Suvenir
Dalam acara resepsi yang dilakukan di Gedung Graha Saba Buwana, Solo, seluruh tamu diberikan suvenir berupa taplak meja batik dengan sulaman bertuliskan “Selvi & Gibran”.

Tak Boleh Salaman
Tamu undangan yang hadir pada acara resepsi pernikahan putra pertama Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran-Selvi tidak diperbolehkan bersalaman dengan pengantin maupun pihak keluarga. Padahal mereka sudah berisap untuk mengucapkan selamat. Sebagai gantinya, foto di ‘booth’ untuk kenang-kenangan.

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...