Home / Berita / Dunia / Chile Darurat Lingkungan, 3 Ribu Pabrik Ditutup

Chile Darurat Lingkungan, 3 Ribu Pabrik Ditutup

Tingkat polusi yang telah mencapai kadar berbahaya menyebabkan Santiago, Ibu Kota Cile, berada di ambang darurat lingkungan hidup. Ini adalah kali pertama hal itu dinyatakan dalam tempo 16 tahun. Status darurat, yang tertinggi dalam level siaga, dinyatakan jika indeks kualitas udara mencapai tingkat berbahaya yaitu lebih dari 500.

Udara dinyatakan dalam kondisi bagus jika kadar polusinya antara 0-50. Status darurat itu berarti 40% kendaraan tidak boleh beroperasi sementara 3 ribu pabrik dan usaha lainnya di ibu kota harus ditutup. Kegiatan olah raga pelajar dan mahasiswa juga tidak boleh digelar.

Pihak berwenang Chile mendeklarasikan keadaan darurat lingkungan di ibu kota metropolitan Santiago pada Senin (22/6), memaksa 900 pabrik ditutup dan 40 persen dari 1,7 juta mobil tak beroperasi.

Kita saat ini menghadapi kondisi yang tak biasa, dengan bulan Juni terkering selama 40 tahun, sekaligus buruknya sirkulasi udara di lembah Santiago belakangan, yang meningkatkan konsentrasi kontaminasi,” kata Kementerian Lingkungan dalam sebuah pernyataan.

Kondisi darurat ini adalah yang pertama sejak 1999, dan berlaku selama 24 jam serta bisa diperpanjang jika otoritas menilai situasi tidak berkembang lebih baik.

Warga Santiago juga diimbau untuk menghindari aktivitas di luar ruangan, meski tidak dilarang. Chile saat ini sedang menjadi tuan rumah Copa America, dan pertandingan federasi sepak bola Amerika Selatan melarang laga dibatalkan hanya karena masalah polusi udara.

Baca Juga

Trump dan Korut Memanas, Pasar Saham AS Lesu

New York – Bursa saham Wall Street di Amerika Serikat (AS) jatuh pada perdagangan Senin ...