Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Tekno / Gadget / Ciptakan Aplikasi Smartphone Tas Anti Jambret, Bocah SD Juara ICT Award 2015

Ciptakan Aplikasi Smartphone Tas Anti Jambret, Bocah SD Juara ICT Award 2015

Aplikasi smartphone untuk pendeteksi tas yang hilang diciptakan Firman Fathoni (12), ‎siswa kelas 6 Sekolah Dasar Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya.

Ciptakan Aplikasi Smartphone Tas Anti Jambret, Bocah SD Juara ICT Award 2015

Indonesia rupanya memiliki bakat-bakat muda yang kreatif. Salah satunya Firman Fathoni (12), yang merupakan ‎siswa kelas 6 Sekolah Dasar Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya. Bocah cilik itu berhasil membuat karya berupa Secure Bag, yang akhirnya meraih juara pertama Indonesia ICT Award 2015 kategori Application SD-SMP Kementerian Komunikasi Informatika Republik Indonesia.

Firman mengatakan bahwa ide pembuatan ‎Secure Bag ini berawal dari peristiwa penjambretan yang menimpa kakak kandungnya. Setelah peristiwa penjambretan tersebut, dirinya ‎berusaha membuat alat ini untuk mendeteksi tas yang hilang atau telah dicuri orang.

Firman empat menjelaskan cara kerja dari aplikasinya ini. Dengan menempatkan perangkat Secure Bag di dalam tas pengguna yang sudah terkoneksi dengan smartphone, jadi ketika tas tersebut dicuri orang maka perangakat yang telah disimpan di dalam tas tersebut akan mengirimkan informasi lokasi ke smartphone.‎

“Teknologinya itu pakai Bluetooth. Dan untuk masa percobaan seperti ini jangkauannya bisa sampai lima meter. Kalau lebih dari lima meter, setiap goncangan yang terjadi di alat yang di dalam tas itu akan berbunyi” jelas Firman, Jumat (11/9).

Firman memaparkan bahwa waktu untuk pembuatan alat tersebut kurang lebih  memakan waktu 2 bulan. Dan ada beberapa kendala yang dihadapinya saat pembuatan Secure Bag. “Kesulitannya itu bagaimana membuat alatnya sekecil mungkin sehingga bisa masuk di dalam tas atau jadi gantungan kunci” pungkasnya.

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

Nintendo Peroleh Uang $100 Juta Dari Pokemon Go

Pokemon Go memang dibuat oleh Niantic. Tapi rupanya Nintendo memiliki 32% bagian dari The Pokemon ...