Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Cukup Besar Juga Uang Kiriman dari TKI, Hingga April 2015 Mencapai Lebih 3 Miliar USD

Cukup Besar Juga Uang Kiriman dari TKI, Hingga April 2015 Mencapai Lebih 3 Miliar USD

tki kirim uang

Remitansi atau uang kiriman dari hasil kerja TKI yang berada di luar negeri ternyata cukup besar juga. Berdasarkan data dari Bank Indonesia (BI) tercatat hingga bulan April tahun 2015 mencapai sebesar USD 3.119.459.642,00, sementara pada tahun 2014 hingga bulan April, data remitansi hanya sebesar USD 2.633.637.627,71.

Jumlah itu menunjukkan mengalami kenaikan sebesar 15,5 persen atau sekitar USD 485.822.014,29 bila dibandingkan dengan data tahun 2014.

Dana remitansi tersebut berasal dari TKI formal sebesar USD 1.121.256.493,00, TKI informal sebesar USD 1.037.486.521,00 dan TKI professional sebesar USD 960.716.628,00.

BI juga mencatat kalau pada tahun 2015, Remitansi TKI formal cenderung lebih besar dibandingkan remitansi TKI informal dan dari data remitansi tiga tahun terakhir baru kali ini jumlah remitansi TKI formal lebih tinggi daripada TKI informal.

“Hal ini merupakan bukti upaya pemerintah mendorong TKI untuk bekerja di sektor formal,” ungkap Kepala BNP2TKI, Nusron Wahid, di Jakarta, Senin (06/07).

Sebenarnya Remitansi TKI yang masuk ke tanah air tersebut masih cenderung berpotensi bisa lebih tinggi lagi karena remitansi TKI tersebut belum terhitung yang dikirim melalui jasa Wesel Pos, Western Union, dan pengiriman jasa perorangan lainnya.

Potensi yang begitu besar ternyata belum seluruhnya tercermin dari pengiriman uang melalui lembaga resmi yang ada.

Untuk itu BNP2TKI bekerja sama dengan BI, OJK dan Kemenaker mensosialisasikan transaksi non tunai kepada CTKI/TKI dan keluarganya dimana didalamnya terdapat tentang pengiriman gaji secara account to account dari majikan kepada TKI.

Oleh karena itu, diharapkan dengan transaksi secara non tunai, data remitansi akan tercatat di BI dan secara otomatis jumlah remitansi akan jauh lebih meningkat.

Remitansi TKI pada bulan ramadhan ini juga diasumsikan akan lebih jauh meningkat. Untuk itu tugas pemerintahlah yang harus menggenjot program literasi keuangan terutama untuk perencanaan keuangan. Sehingga dana yang dikirim TKI ke keluarganya dapat digunakan untuk kepentingan investasi dalam bentuk membuka usaha di pedesaan, tidak semata-mata untuk dikonsumsi.

“Biar ada hasil jerih payah TKI yang memberikan manfaat pembangunan ekonomi di pedesaan,” kata Nusron.

 

 

 

 

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...