Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Daerah Mana Saja Kategori Inflasi Tinggi dan Rendah

Daerah Mana Saja Kategori Inflasi Tinggi dan Rendah

Inflasi1

Presiden Joko Widodo hari Rabu (27/5) memimpin langsung Rakornas VI Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), di Hotel Sahid, Jakarta. Jokowi pada kesempatan tersebut membeberkan beberapa daerah yang masuk dalam kategori kota tertinggi dan terendah inflasinya.

Menurutnya, untuk daerah dengan inflasi tertinggi adalah Belitung (13,15 persen), Merauke (12,31 persen), Tarakan (11,91 persen), Tual (11,48 persen), dan Padang (11,9 persen).

“Ada yang masih 12 (persen) inflasinya. Inilah pemerintah pusat melihat berarti infrastruktur perlu diperbaiki sehingga inflasi di Merauke bisa lebih baik,” ungkap Presiden.

Sementera daerah dengan inflasi terendah dicapai Maumere (4,0 persen), Manokwari (5,69 persen), Gorontalo (6,14 persen), Metro (6,5 persen), dan Daerah Istimewa Yogyakarta (6,59 persen).

“Ada kota-kota yang inflasinya rendah, kota-kota inilah yang saya kira akan memengaruhi inflasi nasional kita,” tutur Jokowi.

Selain daerah, pemerintah juga mencatat sejumlah komoditas penyumbang inflasi tertinggi. Peringkat pertama penyumbang inflasi ada pada komoditas beras (4,02 persen), kemudian daging ayam (1,11 persen), daging sapi (0,65 persen), cabai merah (0,35 persen), serta bawang merah (0,48 persen).

sebenarnya ada juga beberapa faktor lain yang ikut memicu tingginya inflasi, seperti keterbatasan infrastruktur dan dampak dari naiknya harga bahan bakar minyak.

Untuk itu, Presiden Jokowi meminta seluruh daerah agar membuat anggaran operasi pasar. Permintaan itu dilontarkan Jokowi sebagai upaya bersama untuk menekan inflasi dan menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok.

“Saya tekankan, bahwa daerah ke depan harus menganggarkan anggaran untuk operasi pasar. Ini penting sekali,” pintanya.

Dihadapan peserta Rakornas, Presiden juga memberikan penghargaan pada daerah dengan TPID terbaik dan berprestasi tahun 2014. Provinsi dengan TPID terbaik tahun 2014 dicapai Jawa Timur, Sumatera Utara, dan Nusa Tenggara Timur.

Untuk tingkat kabupaten/kota dengan TPID terbaik tahun 2014 diraihKabupaten Jember, Kota Medan, dan Kota Pontianak. Sementara untuk TPID berprestasi tahun 2014 tingkat kabupaten/kota adalah Kabupaten Malang, Kota Tebing Tinggi, dan Kabupaten Takalar.

 

 

 

 

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...