Home / Berita / Regional / Daftar Daerah Rawan Macet Mudik Lebaran 2015, Nagrek Salah Satunya!

Daftar Daerah Rawan Macet Mudik Lebaran 2015, Nagrek Salah Satunya!

Daftar Daerah Rawan Macet Mudik Lebaran 2015, Nagrek Salah Satunya!

Ingin mudik Lebaran 2015 ke kampung halaman? Daftar daerah rawan macet berikut ini tentu saja harus Anda ketahui. Tidak terasa kurang dari 1 Minggu lagi kita akan memasuki Hari Raya Idul Fitri 1436 H. Ada beberapa jalur yang menjadi favorit para pemudik untuk menuju kawasan Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Merak Banten

Daerah ini selalu menjadi titik pantau arus mudik lebaran baik dari kepolisian maupun media massa. Aktivitas masuk pelabuhan hingga bongkar muat penumpang membuat kawasan Merak Banten, menjadi salah satu titik bertumpuknya kendaraan pemudik dari Jakarta menuju ke Sumatera.

Pintu tol Cikampek

Daerah langganan macet selanjutnya setiap datangnya arus mudik adalah pintu tol Cikampek. Penumpukan penumpang dari arah Jakarta di Pintu tol Cikampek yang bersifat bottle neck membuat kemacetan kendaraan para pemudik selalu tak terhindarkan setiap tahunnya.

Pintu tol Cipali

Salah satu daerah kemacetan baru di arus mudik lebaran 2015 ini adalah pintu tol Cipali. Tol baru yang diresmikan Presiden Jokowi pada bulan Juni lalu ini memang ditargetkan menjadi jalur mudik baru mulai 2015. Kendati tol Cipali sudah bisa dipakai, namun potensi macet masih menghantui pemudik.

Pintu keluar tol Pejagan-Cirebon

Daerah kemacetan berikutnya yang wajib diwaspadai para pemudik di tahun ini adalah di pintu keluar tol Pejagan dan Cirebon. Hal ini dikarenakan frekuensi kendaraan yang tinggi di saat arus mudik bakal tersendat oleh buka tutup jalan yang disebabkan adanya perlintasan kereta api di wilayah tersebut.

Jalur Nagrek dan Gentong

Beralih ke jalur selatan, di tahun ini jalur nagrek dan gentong juga diprediksi masih menjadi titik kemacetan apabila arus mudik telah mencapai puncak. Kontur jalan yang tak begitu lebar serta adanya kelokan dan tanjakan membuat pemudik dengan kendaraan pribadi yang melewati kawasan ini hanya melaju dengan kecepatan rendah hingga sedang.

Ciregol arah Purwokerto

Untuk wilayah Jawa Tengah, diprediksi tak terlalu banyak titik kemacetan yang bakal mengular hingga menyebabkan antrean kemacetan hingga berjam-jam. Namun bagi pemudik yang ingin ke arah Purwokerto, wajib mewaspadai titik rawan kemacetan dari arah Ciregol terlebih kawasan ini dikenal sebagai jalur rawan longsor.

Gempol Sidoarjo

Untuk kawasan Jawa Timur, wilayah yang sering menjadi titik kemacetan adalah di Gempol Sidoarjo. Bertemunya jalur keluar tol dan jalan raya gempol Sidoarjo membuat jalur yang bersebelahan dengan tanggul lumpur Lapindo ini sering menjadi titik kemacetan.

Baca Juga

Ketua Pengadilan Agama Kepergok di Hotel, Lagi…

“Benar-benar kembali mencoreng profesi hakim” ungkap juru bicara Komisi Yudisial (KY), Farid Wajdi (Selasa, 11/10/2016). ...