Home / Berita / Dalam Sidang Praperadilan, OC Kaligis Mengaku Korban Penculikan dan Bantah sebagai Penggagas Suap

Dalam Sidang Praperadilan, OC Kaligis Mengaku Korban Penculikan dan Bantah sebagai Penggagas Suap

OC Kaligis
OC Kaligis

Tekad OC Kaligis menggugat KPK dalam sidang praperadilan dimulai pada hari ini Senin 10 Agustus. Sidang yang berlangsung  di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan,  dipimpin oleh Hakim Suprapto yang menjadi hakim tunggal. Sidang dimulai pada pukul 09.00 WIB.

Gugatan praperadilan yang diajukan pengacara kondang ini mencuat setelah dirinya ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan oleh KPK karena dugaan melakukan gratifikasi ke hakim PTUN Kota Medan. OC mengajukan praperadilan karena menilai proses penangkapan atas dirinya tidak sesuai prosedur.

“Bagaimana dikatakan sesuai prosedur, kan saya ini diculik oleh KPK,” katanya.  Ia mengaku tidak pernah diperiksa sebagai saksi sebelumnya, tiba-tiba saja dipaksa harus datang ke KPK dan kemudian ditahan.

“Tindakan mereka itu jelas menyalahi atuan hukum yang berlaku. Makanya saya gugat lewat praperadilan,” katanya.

Di dalam persidangan pertama hari ini, OC Kaligis melalui tim pengacaranya memaparkan proses penculikan yang terjadi pada dirinya. Ia juga membantah tuduhan Gubernur Sumatera Utara  ( non aktif) Gatot Pujo Nugroho dan istrinya Evi Susanti yang menyebut OC sebagai penggagas suap kepada majelis hakim dan panitera Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Medan.

Melalui kuasa hukumnya, Humphrey Djemat, OC Kaligis menyebutkan kalau ia tidak tahu mengenai suap itu. Sebagaimana janji OC kepada wartawan, semua permasalahan itu akan dibukanya di ruang persidangan.

Kaligis, lanjut Humphrey, berkali-kali menegaskan kalau ia tidak pernah memerintahkan anak buahnya Muhammad Yagari Bhastara Guntur untuk mengantarkan uang Tunjangan Hari Raya (suap, red) ke PTUN Medan.

Hingga saat ini OC Kaligis masih bersikeras tidak mau diperiksa oleh KPK. Ia malah lebih suka langsung ditembak mati, ketimbang harus menjalani pemeriksaan.  Ketimbang memberi keterangan kepada tim penyidik, OC Kaligis memilih menggugat lewat Praperadilan. Selama seminggu sidang berlangsung, ia bertekad akan membeberkan semua masalah terkait kasus suap PTUN Medan itu.

“Keterangan saya bisa dilihat dari proses selama sidang praperadilan itu,” katanya. – tri/jp

 

Baca Juga

Canda Seru Warganet Soal #HariPertamaAnies Jadi ‘Anak Baru’

Jakarta – Anies Baswedan dan Sandiaga Uno resmi memulai kiprahnya hari ini setelah dilantik jadi ...