Home / Gaya Hidup / Kecantikan / Dampak Buruk Mengkonsumsi Gula Berlebihan

Dampak Buruk Mengkonsumsi Gula Berlebihan

ilustrasi
ilustrasi

Aktual Post – Gula merupakan hasil olahan dari tanaman Tebu, dimana rsanya sangat manis sekali dan membuat semua orang yang pernah mencicipinya suka akan gula. Bahkan, kini gula menjadi sebagi pelengkap untuk membuat makanan dan minuman, seperti kue dan kopi misalnya.

Salah satu tujuan penggunaan dari Gula memang untuk menimbulkan rasa manis pada makanan atau minuman, namun sayang bila mengkunsumsi gula berlebihan akibatnya sangat patal. Berikut ini beberapa dampak buruk bila mengkunsumsi gula berlebih, seperti dilansir dari Sidomi http://www.aktualpost.com/wp-admin/post-new.php09/08/2013.

1. Obesitas
Hal buruk pertama yang dapat disebabkan dengan mengkonsumsi gula berlebih adalah Obesitas. Pasalnya dengan mengkonsumsi gula berlebih dapat membuat tubuh mengalami resistensi leptip, sehingga sistem kerja leptin yang bertugas sebagai penanda jika asupan makan yang dibutuhkan oleh tebuh telah terpenuhi akan terganggu. Hasilnya, tanpa sadar kita akan terus merasakan lapar, sehingga kita pun akan gemar makan yang berujung pada obesitas atau kegemukan.

2. Merusak Hati
Tidak banyak yang tahu, gula sebenarnya juga memiliki fruktosa dan glukosa yang bersifat toksik pada hati. Sehingga tanpa kita sadari, dengan mengkonsumsi gula yang berlebih kita telah merusak hati kita. Hal tersebut dapat terjadi karena metabolisme etanol yang terjadi di organ tubuh tersebut, sama halnya dengan kerusakan yang terjadi akibat meminum minuman beralkohol.

3. Penyebab Sakit Jantung
Efek buruk mengkonsumsi gula berlebihan terburuk adalah dapat memicu sakit jantung, sebab molekul glukosa metabolit glukosa 6-fosfat (G6P)pada gula dapat membuat perubahan pada protein jantung. Jika hal tersebut berlangsung cukup lama, maka dapat menyebabkan gagal jantung yang berujung pada kematian.

Itulah beberapa dampak buruk mengkonsumsi gula. sebenarnya masih banyak lagi efek buruknya, semisal sebagai pemicu Diabetes dan mengganggu buang air kecil. pad intinya apapun yang dikonsumsi berlebihan akan menimbulkan hal buruk, jadi pastikan pola makan anda juga sesuai dengan yang dianjurkan dokter.

fruktosa dan glukosa

Baca Juga

Jangan Belanja Saat Perut Kosong

Jika Anda berbelanja di supermarket dalam keadaan lapar, kemungkinan besar Anda justru akan membeli banyak ...