Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Dana Aspirasi Tiap anggota DPR Rp 20 Miliar, Untuk dipergunakan Apa Saja?

Dana Aspirasi Tiap anggota DPR Rp 20 Miliar, Untuk dipergunakan Apa Saja?

45a718d1cf1d6a9d47c383ee0f6ed6c7

Badan Anggaran DPR RI mengajukan permintaan dana aspirasi daerah pemilihan (dapil) sebesar Rp 20 miliar per anggota atau jika dikalikan 560 anggota DPR yang ada, maka total dana aspirasi mencapai Rp 11,2 triliun. Permintaan ini diajukan dalam rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2016.

Ketua DPR Setya Novanto menuturkan bahwa dana ini bagian dari kewajiban anggota yang menampung aspirasi.

“Dana aspirasi ini dialokasikan untuk mewujudkan usulan-usulan dari anggota yang mendapat keluhan soal daerah pemilihannya. Ini untuk kepentingan masyarakat,” ujar Novanto di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (9/6).

Jadi, lanjutnya, anggota hanya mengusulkan. Program-program itu berkaitan dengan untuk kepentingan masyarakat yang ada di desa-desa.

Melihat angkanya, Rp 20 miliar per anggota itu memang cukup besar. Namun Novanto menjelaskan bahwa pembahasannya akan melihat situasi masyarakat saat ini. Dirinya pun akan meminta masukan dari fraksi-fraksi.

“Kita lihat kepada seluruh fraksi-fraksi yang ada, dan seluruh komisi yang terkait nanti kita lihat hasilnya,” kata Novanto.

Seperti diketahui, sebelumnya, Ketua Badan Anggaran Ahmadi Noor Supit menjelaskan bahwa dana aspirasi sebesar Rp 20 miliar per tahun untuk membangun daerah pemilihan (dapil). Meski begitu, duit tersebut tak dipegang langsung oleh anggota melainkan dikelola oleh pemerintah daerah.

Dirinya berkeyakinan tidak akan ada penyelewengan dana oleh anggota DPR. Anggota DPR yang nantinya mendapat usulan dari masyarakat untuk membangun fasilitas tertentu, bisa mengajukannya ke pemda setempat.

Pengajuan dan pengalokasian dana aspirasi dapil ini sendiri menurut Supit merupakan amanat dari Undang-Undang MPR, DPR, DPD dan DPRD. Setiap anggota DPR sebagai wakil rakyat mendapatkan dan menjalankan aspirasi dari warga di dapilnya.

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...