Home / Headline / Dapat Bisikan dari Sri Mulyani, Jokowi Jadi…

Dapat Bisikan dari Sri Mulyani, Jokowi Jadi…

“Saya sudah dibisiki Menkeu: ‘Pak diungkap saja, Pak’. Ya diungkap” tegas Jokowi.

Dapat Bisikan dari Sri Mulyani, Jokowi Jadi...

Seperti yang diketahui jika Presiden Joko Widodo berbicara di hadapan para kepala daerah yang mengikuti Rapat Koordinasi Nasional VII Tim Pengendalian Inflasi Daerah di sebuah Hotel di Jakarta, Kamis (4/8/2016). Kali ini, Jokowi blakblakan membuka daerah-daerah yang serapan anggarannya rendah.

Jokowi bahkan tidak segan menegur gubernur, bupati, dan wali kota di hadapan wartawan. Kepala daerah yang pertama kali ditegur oleh Jokowi adalah Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Pasalnya serapan anggaran di DKI Jakarta terendah dari semua provinsi yang ada.

“Pak Ahok duitnya memang gede, tetapi nyimpennya juga gede. Masih ada Rp 13,9 triliun (dana yang tersimpan). Ini harus dikeluarkan” ungkap Jokowi.

Jokowi lalu menyebut provinsi lain dengan serapan anggaran terendah setelah DKI Jakarta, yakni Jawa Barat (Rp 8,034 triliun), Jawa Timur (Rp 3,9 triliun), Riau (2,86 triliun), Papua (Rp 2,59 triliun), Jawa Tengah (Rp 2,46 triliun), Kalimantan Timur (Rp 1,57 triliun), Banten (Rp 1,52 triliun), Bali (Rp 1,4 triliun), dan Aceh (Rp 1,4 triliun).

Jokowi juga mengungkapkan kabupaten dan kota yang memiliki serapan anggaran terendah hingga angka inflasi yang tinggi. Ternyata sikap Jokowi yang berubah mau blakblakan di hadapan media ini bukan tanpa sebab. Sebelum maju ke atas panggung, dia diberi saran oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk membuka semua data itu.

“Kalau sudah blak-blakan gini gimana rasanya? Saya sudah dibisiki Menkeu: ‘Pak diungkap saja, Pak’. Ya diungkap” tegas Jokowi.

 

Baca Juga

Gilas Burnley 3-0, City Nyaman di Puncak Klasemen

Manchester – Manchester City belum terbendung di Premier League. Mengandaskan Burnley 3-0, City nyaman memimpin ...