Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Dunia / Dapat Protes…Rencana Malaysia Bangun Dam Raksasa

Dapat Protes…Rencana Malaysia Bangun Dam Raksasa

dam malaysia

Jika tak ada aral melintang, Malaysia berencana segera memulai pembangunan dam raksasa yang berada di Sungai Baram negara bagian Sarawak.

“Konstruksi akan dimulai sesegera mungkin,” ungkap Menteri Negara Sarawak dan Pulau Borneo, Adenan Satem sebagaimana dikutip dari AFP.

Tujuan pembangunan dam raksasa menurut Pemerintah Malaysia guna menyediakan pasokan listrik untuk menggerakkan perekonomian di wilayah Sarawak. Karena seperti diketahui, Serawak merupakan salah satu kawasan termiskin di Malaysia, meskipun negara bagian itu memiliki kekayaan alam yang berlimpah.

Tapi rencana pemerintah itu, mendapat protes dari berbagai kalangan. Sebab pembangunan dam itu akan merendam sebagian hutan hujan tropis di negara itu.

Pertentangan terutama datang dari suku-suku yang mendiami kawasan itu karena diperkirakan sekitar 20.000 penduduk akan kehilangan tempat tinggalnya.

Para penduduk asli yang kecewa berencana melakukan aksi demonstrasi dan blokade jalan, serta melawan aksi penebangan hutan yang akan menjadi area waduk.

“Save Rivers” sebuah koalisi LSM yang berbasis di Sarawak, melalui Ketuanya, Peter Kallang, menolak klaim Adenan, yang sebelumnya menyatakan proyek tersebut telah disetujui para penduduk lokal.

Para aktivis tersebut menuding pemerintah Malaysia melakukan penyuapan dan menekan pemimpin komunitas agar proyek itu disetujui.

Bagaimana bisa, kata Peter Kallang, para pemimpin komunitas memberikan dukungannya ketika mereka tidak mendapatkan kompensasi apapun serta tempat tinggal.

“Mereka (pemimpin komunitas) selalu mengatakan bahwa tidak ada transparansi sama sekali,” ungkap Kallang.

Bukan hanya dari masyarakat lokal yang memprotes rencana pembangunan, mantan Perdana Menteri Inggris Gordon Brown pun meminta agar pembangunan dam itu dihentikan.

 

 

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

permainan-game-di-korea

Bintang Tamu Ini Bercinta di Depan Penonton Saat Siaran Langsung

Sebuah video merekam aksi dua bintang tamu berbaring di lantai di sebuah studio TV saat ...