Home / Berita / Datangkan Artis Terkenal saat Syukuran, Jaksa Agung Dituntut Ungkap Sumber Dana

Datangkan Artis Terkenal saat Syukuran, Jaksa Agung Dituntut Ungkap Sumber Dana

Gedung Kejaksaan Agung Jakarta
Gedung Kejaksaan Agung Jakarta

Acara syukuran Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-55 yang dilaksanakan Kejaksaan Agung di  Gedung Kejagung, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu 22 Juli lalu  memunculan berbagai kritik dari  pengamat pemerintahan. Mereka menuntut Jaksa Agung  HM Prasetyo  mau transparan mengungkap dana syukuran yang mendatangkan empat artis, yaitu  Syahrini, Julia Perez, Didi Kempot dan Sandro Tobing.

Mereka menilai, biaya untuk mendatangkan tiga artis itu bukan murah. Karena itu beberapa kalangan meminta Prasetio membeberkan biaya untuk acara itu.

Pernyataan kritis salah satunya datang dari komunitas Indonesia Justice Watch (IJW).  Peneliti IJW, Fajar Trio Winarko menilai, hal yang wajar jika Kejaksaan Agung merayakan HBA dengan meriah,  tapi harusnya anggaran untuk kegiatan itu perlu disampaikan kepada masyarakat. Apalagi Presiden Jokowi , pada HBD itu menyampaikan pesan agar   seluruh lembaga pemerintahan introspeksi diri terhadap kinerjanya.

“Tidak boleh ada melakukan jaksa pemerasan dan menjadikan tersangka sebagai  ATM,” demikian salah satu pernyataan keras Presiden Jokowi pada waktu itu.

Menurut, fajar, pernyataan itu  seharusnya merupakan warning bagi jaksa Agung Prasetyo untuk segera melakukan pembenahan.  “Karena itu kita menutunt agar jaksa Agung juga mau  menjelaskan secara transparan kepada public biaya pelaksanaan HBA tahun itu, dari mana sumber dananya dan berapa fee yang diberikan ke para artis  yang diundang,” ujarnya.

Sementara itu pengamat kebijakan publik Yanuar Wijanarko menilai, sikap Kejaksaan Agung yang  mengundang artis tenar dalam acara HBA merupakan gambaran bahwa Jaksa Agung tidak peka akan kondisi ekonomi Indonesia yang sedang terpuruk.

“Disuruh introspeksi, malah seperti foya-foya. Bukan syukuran namanya kalau sampai mengundang tiga artis papan atas,” tutur Yanuar.

Yanuar juga berharap Jokowi maupun Kemenpan RB segera meminta Jaksa Agung untuk memberitahu masyarakat dari mana dana sewa artis tersebut.

Acara Syukuran Hari Bhakti Adhyaksa ke-55 itu berlangsung heboh karena diwarnai berbagai hiburan. Julia Perez membuat acara semakin meriah saat tampil membawakan lagu hitsnya ‘Aku Ra Popo’. Dia bernyanyi samba berjalan ke arah ratusan penonton yang terdiri dari para petinggi Kejagung, jaksa dan keluarganya. Jaksa Agung HM Prasetyo dan istrinya juga ada di lokasi.

Syahrini juga sempat membuat kehebohan saat mengajak Prasetyo bernyanyi duet lagu ‘Dingin’ yang dipopulerkan penyanyi legendaris Rinto Harahap.  ***

 

Baca Juga

Tol Cisumdawu Tembus Bukit Ditarget Nyambung April 2019

Bandung – Pemprov Jabar menargetkan pembangunan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan (Cisumdawu) Kabupaten Sumedang, Jawa Barat ...

2 comments

  1. Zaenal Thengereadik Bcl

    sedih belum bisa online cuman bisa nitip si komen..
    Cemunguuut Video Aneh..!!!

  2. Zaenal Thengereadik Bcl

    sedih belum bisa online cuman bisa nitip si komen..
    Cemunguuut Video Aneh..!!!