Home / Headline / Demo Ahok 4 November, Ini Reaksi NU & Muhammadiyah

Demo Ahok 4 November, Ini Reaksi NU & Muhammadiyah

Nadlatul Ulama (NU) maupun Muhammadiyah mengaku tak bisa menolak aksi demo 4 November 2016, namun tidak juga menganjurkan anggotanya ikut dalam aksi.

demo-ahok-4-november-ini-reaksi-nu-muhammadiyah

Dalam pernyataan sesudah bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Negara Selasa (01/11), pimpinan NU dan Muhammadyah menyatakan mereka tak bisa melarang anggota yang ingin terlibat. Namun menyerukan untuk tidak membawa atribut organisasi.

”Kami tidak menghimbau warga Muhammadiyah melakukan demonstrasi pada 4 November. Kami menghormati saudara-saudara kami memutuskan untuk berdemonstrasi, tetapi harus dilakukan dengan cara damai. Jauhkan tindakan-tindakan anarkis” ungkap Ketua PP Pemuda Muhammadiyah, Danhil Azhar Simanjuntak seperti dilansir BBC.

Muhammadiyah kata Danhil adalah salah satu organisasi pertama yang melaporkan Ahok ke polisi atas tuduhan penistaan agama. Namun merasa penyelesaian kasus itu harus ditempuh dengan jalur hukum, bukan dengan pengerahan massa.

Sementara itu NU dalam pernyataannya meminta ”seluruh pengurus NU dan warga NU untuk secara proaktif turut menenangkan situasi, menjaga agar suasana yang aman dan damai tetap terpelihara dan tidak ikut-ikutan memperkeruh suasana dengan provokasi dan hasutan”.

 

Baca Juga

Enggan Bicarakan Kans Juara City, Guardiola Akui Beratnya Premier League

Manchester – Pep Guardiola tak mau terlena dengan performa impresif Manchester City di awal musim ...