Home / Berita / Ibu Kota / Detik-Detik Bendera Pusaka Diarak dari Monas ke Istana

Detik-Detik Bendera Pusaka Diarak dari Monas ke Istana

Duplikat bendera pusaka Merah Putih diarak dari lapangan Monas ke Istana Merdeka, Rabu 17 Agustus 2016.

Detik-Detik Bendera Pusaka Diarak dari Monas ke Istana

Rombongan kirab terdiri dari pasukan drum band, paskibraka, dan pasukan berkuda. Di belakang pasukan berkuda, berjalan kereta kencana dengan gagah. Di dalam kereta, dua paskibraka membawa bendera pusaka ke Istana Merdeka. Pasukan pengawal bendera tampak berjejer rapi.

Warga pun terlihat antusias mengambil foto pasukan berkuda. Ribuan warga juga berjejer rapi di silang barat Monas, ingin melihat kirab bendera pusaka. Kirab bendera ini baru pertama kali dilakukan. Pemerintah menilai bendera pusaka merupakan bagian dari simbol negara yang sakral.

Kepala Sekretaris Presiden, Darmansjah Djumala di Istana Kepresidenan Jakarta Pusat pada Kamis 11 Agustus 2016 mengatakan butuh seremoni yang tak kalah sakral dalam membawa bendera pusaka ke Istana Merdeka sebelum dikibarkan pada Upacara Peringatan HUT ke-71 RI.

“Bendera pusaka sebagai simbol negara itu harus diperlakukan dengan acara yang bersifat ritual. Ada ritualnya. Jadi bukan hanya sekadar kain. Tapi adalah simbol negara yang disakralkan dan dianggap sebagai sesuatu yang dihormati” kata Darmansjah.

 

Baca Juga

Ahok Sindir Anies Baswedan Soal KIP

“Intinya warga dididik untuk menerima hak dan ngerti keadilan buat yang lain” ungkap Ahok. Seperti ...