Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Di Harkitnas, Kementerian Susi Bakal Tenggelamkan 40 Kapal Asing

Di Harkitnas, Kementerian Susi Bakal Tenggelamkan 40 Kapal Asing

el7OA8HdJ0

Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang jatuh pada hari ini, 20 Mei 2015, dirasakan sedikit berbeda khususnya buat Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Mengapa? Karena di hari ini rencananya KKP akan penenggelaman kapal ikan asing. Kapal-kapal ini ditenggelamkan setelah melalui proses hukum pengadilan, karena terbukti mencuri ikan di Wilayah Pengelolaan Perikanan (WPP) Laut Indonesia.

Dirjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan Perikanan (PSDKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Asep Burhanuddin membenarkan bahwa rencananya akan ada 40 kapal ikan asing pencuri ikan yang ditenggelamkan.

Dari 40 kapal ikan asing yang ditenggelamkan tersebut, berasal dari 4 negara, yakni Thailand, Vietnam, Malaysia, dan Filipina. Sementara Kapasitas kapal bervariasi, antara 80-150 Gross Ton (GT) .

“Dari imbauan Ibu, waktunya (penenggelaman) bersamaan antara KKP, TNI AL, dan Polair. Rencananya KKP ada 18 kapal dan 22 dari TNI AL,” ujar Asep

Eksekusi penenggelaman kapal rencananya tersebar di sejumlah tempat. 18 kapal yang akan ditenggelamkan oleh Kementerian KKP terdiri dari 1 di Aceh, 1 di Medan, 6 di Pontianak, dan 11 di Bitung. Sedangkan 22 kapal asing penangkan ikan yang akan ditenggelamkan oleh TNI AL, terdiri dari 20-an kapal di Ranai, Tanjung Balai dan 2 di Tanjung Balai Karimun.

Untuk waktu eksekusi, pelaksanaannya semua serempak, tanggal 20 Mei 2015, jam 10 WIB. Sedang kalau di Bitung jam 11-an.

Agar berjalan lancar, pihak KKP meminta bantuan TNI AL dan Polair untuk menenggelamkan kapal, sebab KKP tak sanggup mengeksekusi secara bersamaan.

Proses penenggelaman kapal itu sendiri, menurut Asep, mereka tidak akan menghancurkan kapal seluruhnya, sebab pihaknya ingin menjadikan bangkai kapal sebagai rumpon (tempat tinggal ikan).

Pihaknya pun telah meminta izin kepada otoritas pelabuhan, untuk lokasi penenggelaman kapal yang akan menjadi area rumpon.

Penenggelaman kapal ikan asing ini, diharapkan akan membuat efek jera bagi pelaku usaha perikanan yang berbuat nakal. Selain itu penenggelaman kapal juga bermanfaat terutama bagi kegiatan rumponisasi atau membangun rumah ikan di dasar laut.

Setelah ditenggelamkan, kata Asep, meminta juga ada pemiskinan harta kekayaan alias penyitaan aset bagi pelaku usaha yang sama.

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...