Home / Olahraga / Balap / Di Valencia diprediksi Akan Muncul Dua Blok Pembalap, Kubu Rossi dan Kubu Marquez

Di Valencia diprediksi Akan Muncul Dua Blok Pembalap, Kubu Rossi dan Kubu Marquez

rossi-vs-marquez-1717Balapan MotoGP Valencia akan menjadi akhir pekan yang sangat sulit, mungkin lebih sulit daripada putaran sebelumnya GP Malaysia. Psikologis dan emosi pembalap Movistar Yamaha MotoGP itu diprediksi bakal sangat terkuras. Hal tersebut dapat terlihat dari berbagai sudut pandang. Data statistik misalnya, di mana Ricardo Tormo bukan trek favoritnya.

Terakhir kali Rossi menang di Valencia pada 2003 dan 2004. Disamping itu, Rossi juga pernah kehilangan gelar juara dunia yang sudah di depan mata, di GP Valencia. Tepatnya pada tahun 2006, ketika ia hanya finis di posisi ke-13, dan harus menyerahkan gelar kepada Nicky Hayden.

Namun yang pasti, ada 24 pembalap di depan Rossi pada lomba nanti. Ia punya 30 lap atau total jarak tempuh 120,15 kilometer untuk mempertahankan keunggulan tujuh poin dari pesaingnya, Jorge Lorenzo. Seandainya Lorenzo finis urutan tiga, paling tidak Rossi harus menyalip 19 kompetitor agar bisa juara dunia.

Namun jika Lorenzo naik podium kedua atau menang, maka Rossi wajib mengasapi 22-23 pembalap. Dari 24 pembalap, tentu ada sosok yang pro terhadap Rossi dan juga pro kepada Marquez yang turut menentukan berhasil atau tidaknya Lorenzo jadi juara dunia di Valencia.

Pembalap yang pro terhadap Rossi, yakni dua pembalap Ducati Desmosedici GP15, Andrea Iannone dan Danilo Petrucci. Selanjutnya ada Bradley Smith (Yamaha Tech 3), Maverick Vinales (Suzuki), Toni Elias (Forward), dan Hayden (Aspar), yang diketahui memiliki hubungan bagus dengan Rossi.

Sedangkan para pembalap yang mendukung Lorenzo tidak banyak, satu diantaranya Andrea Dovizioso (Ducati), yang merupakan rekan senegara Rossi. ia dikenal tidak pernah memiliki hubungan bagus dengan Rossi.

Juga ada Alvaro Bautista (Aprilia) yang merupakan sahabat dekat Marquez. Selain itu, keduanya tidak pernah dekat. Stefan Bradl (Aprilia) juga lebih memihak kepada Lorenzo, sama seperti Yonny Hernandez (Pramac) atau Hector Barbera (Avintia).

Namun demikian, ada para pembalap yang tidak memihak dan memilih netral. Mereka seperti Cal Crutchlow (LCR Honda), Aleix Espargaro (Suzuki), dan Pol Espargaro (Yamaha Tech 3). Rossi dipastikan bakal kesulitan menyalip ketiga nama ini. Pasalnya ketiganya dibekali motor kompetitif.

 

 

 

Baca Juga

Klasemen Baru & Poin Rossi di MotoGP 2016

Setelah balapan di Sepang ada perubahan pada poin Rossi, Lorenzo & Marquez pada klasemen MotoGP ...